Pilih Bahasa  
Book's Detail
Kajian Kompetensi Pedagogik Guru Fisika Di SMK Negeri Di Kota Kendari

ABSTRAK
ULVA YANI (A1C3 12 068)“Kajian Kompetensi Pedagogik Guru Fisika SMK Negeri Di Kota Kendari”.

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan pembelajaran guru fisika di sekolah yang mengajar hanya menggunakan metode ceramah, tidak ada variasi dalam pengelolahan pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah:(1) untuk mendeskripsikan kompetensi pedagogik guru fisika SMK Negeri di Kota Kendari, (2) untuk mengetahui gambaran kompetensi pedagogik guru ditinjau dari aspek perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran guru fisika SMK Negeri di Kota Kendari.
Populasi penelitian ini adalah semua guru fisika SMK Negeri di Kota Kendari yang berjumlah 12 orang, dan sampel penelitian ini adalah 6 orang dari yang diambil secara random dan proposional sampling tiap sekolah. Data yang dikumpulkan dianalisis secara deskriptif kualitatif yaitu dengan memaparkan data dan informasi yang diperoleh sebagaimana adanya, selanjutnya dilakukan interpretasi sesuai dengan kecenderungan data.
Hasil penelitian menunjukkan kompetensi pedagogik guru fisika SMK Negeri di Kota Kendari memiliki skor rata-rata 3,28 dengan kategori baik, yang mana terdapat 2 aspek yang memiliki skor tertinggi yakni pada aspek mengembangkankurikulumyang terkait mata pelajaran yang diampu dan aspek berkomunikasisecara efektif, empatik,dan santundengan siswa,mendapatkan skor rata-rata 3,7, sedangkan skor terendah pada aspek melakukan tindakan refleksi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dengan skor perolehan sebesar 2,2. Kompetensi pedagogik guru fisika SMK Negeri di Kota Kendari ditinjau pada aspek perencanaan pembelajaran mendapatkan perolehan skor rata-rata 3,21, aspek pelaksaanan pembelajaran mendapatkan skor rata-rata 3,1 dan mengevaluasi pembelajaran mendapatkan skor rata-rata sebesar 3,3. Sehingga secara umum kemampuan pedagogik guru fisika SMK Negeri di Kota Kendari dalam pembelajaran berada dalam kategori baik.

Kata Kunci : Kajian, Kompetensi, Pedagogik

Pernyataan Tanggungjawab
Pengarang Ulva Yani - Personal Name
Edisi
No. Panggil
ISBN/ISSN
Subyek Pend.Fisika
Klasifikasi
Judul Seri
GMD Text
Bahasa Indonesia
Penerbit FKIP/Pend.Fisika
Tahun Terbit 2018
Tempat Terbit UHO KENDARI
Deskripsi Fisik xiv,42 hal,;28 cm
Info Detil Spesifik
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Ketersediaan
LOADING LIST...