Pilih Bahasa  
Book's Detail
Pengembangan Media Pembelajaran Ipa Terpadu Berbasis Software Adobe Flash CS6 Pada Tema Energi Dan Makanan Untuk Peserta Didik SMP/MTs Kelas VIII

ABSTRAK
La Ode Anwar (A1C313026), “Pengembangan Media Pembelajaran IPA Terpadu Berbasis Software Adobe Flash CS6 Pada Tema Energi dan Makanan Untuk peserta didik SMP/MTs Kelas VIII ”.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tuntutan guru IPA yang harus menguasai materi IPA terpadu baik kajian fisika, kimia maupun biologi. Dalam proses pembelajaran akan lebih interaktif jika terdapat sumber belajar yang dapat membantu guru untuk menarik perhatian peserta didik dan menumbuhkan semangat untuk belajar. Salah satu sumber belajar yang dimaksud adalah penggunaan media pembelajaran. Tujuan penelitian yaitu mengembangkan media pembelajaran tema energi dan makanan dan layak digunakan dalam pembelajaran IPA .
Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) dengan mengacu pada model pengembangan ADDIE yaitu Analysis (Analisis), Design (Desain), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi) dan Evaluation (Penilaian). Media pembelajaran yang dihasilkan bersifat multimedia yang dibuat dan dapat dijalankan melalui komputer dengan Software Adobe Flash CS6 (www.adobe.com). Media pembelajaran IPA Terpadu tersebut telah divalidasi oleh 2 (dua) orang ahli pembelajaran dengan rata-rata nilai 76,7%, 6 (enam) orang ahli materi dengan rata-rata nilai 81,3% dan 3 (tiga) orang ahli media dengan rata-rata nilai 83,3%, serta tanggapan dari 2 orang guru dan 20 peserta didik SMPN 8 Kendari setelah uji coba terbatas dengan rata-rata nilai 88,64% dan 86,6%. Jika dilihat dari hasil validasi ahli pembelajaran, ahli materi dan ahli media, maka media pembelajara IPA Terpadu berbasis software adobe flash CS6 yang dihasilkan dapat dikategorikan “valid” dan dilihat dari hasil tanggapan guru dan peserta didik dapat dikategorikan “praktis”.
Berdasarkan hasil validasi dan tanggapan diperoleh kesimpulan bahwa media pembelajaran IPA terpadu berbasis Software Adobe Flash CS6 pada tema energi dan makanan untuk peserta didik SMP/MTs kelas VIII valid, praktis dan layak digunakan pada Pembelajaran. Oleh karena itu, bagi guru yang hendak mengajar IPA Terpadu khususnya kompetensi dasar (KD) menjelaskan hubungan bentuk energi dan perubahan, prinsip usaha dan energi dalam kehidupan; mendeskripsikan sistem pencernaan pada manusia; dan mendeskripsikan bahan kimia alami dan buatan pada siswa kelas VIII SMP/MTs disarankan untuk menggunakan media pembelajaran tersebut.

Kata kunci: Software Adobe Flash CS6, Bahan Ajar IPA Terpadu, Penelitian Pengembangan, Media Pembelajaran.

Pernyataan Tanggungjawab
Pengarang La Ode Anwar - Personal Name
Edisi
No. Panggil
ISBN/ISSN
Subyek Pend.Fisika
Klasifikasi
Judul Seri
GMD Text
Bahasa Indonesia
Penerbit FKIP/Pend.Fisika
Tahun Terbit 2018
Tempat Terbit UHO KENDARI
Deskripsi Fisik xviii,75 hal,; 28 cm
Info Detil Spesifik
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Ketersediaan
LOADING LIST...