Pilih Bahasa  
Book's Detail
Pengaruh Modelguided Discovery LearningTerhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 2 Kendari

ABSTRAK
Samsinar Samsuddin (A1C1 14 103) “Pengaruh ModelGuided Discovery Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 2 Kendari”.
Tujuan penelitian adalah untuk: (1) mengetahui deskripsi kemampuan berpikir kreatif matematis siswa kelas XI IPA SMA Negeri 2 Kendari sebelum diajar dengan modelGuided Discovery Learning; (2) mengetahui deskripsi kemampuan berpikir kreatif matematis siswa kelas XI IPA SMA Negeri 2 Kendari sebelum diajar dengan modelGuided Discovery Learning; (3) mengetahui pengaruhModelGuided Discovery Learning terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa kelas XI IPA SMA Negeri 2 Kendari.Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu One Group Pretest-Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 2 Kendari tahun ajaran 2017/2018 semester 2 yang berjumlah 275 siswa dan terdistribusi dalam 8 kelas, yaitu kelas XI IPA CI, XI IPA 1, XI IPA 2, XI IPA 3, XI IPA 4, XI IPA 5, XI IPA 6, XI IPA 7. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik random sampling. Penentuan kelas eksperimen dilakukan secara random sehingga diperoleh kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan pemberian instrumen penelitian berupa tes kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang berbentuk tes uraian. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial.Hasil penelitian secara deskriptif dan secara inferensial menunjukan bahwa: (1) kemampuan berpikir kreatif matematis siswa kelas XI IPA SMA Negeri 2 Kendari sebelum diajar dengan modelGuided Discovery Learning memiliki nilai rata – rata 41,67dengan varians dan std. deviasi masing-masing sebesar 433,50 dan 20,82. Hal ini menandakan bahwa data heterogen. Dengan kata lain, kemampuan berpikir kreatif matematis siswa beragam, (2) kemampuan berpikir kreatif matematis siswa kelas XI IPA SMA Negeri 2 Kendari setelah diajar dengan modelGuided Discovery Learningmemiliki nilai rata – rata 71,08dengan varians dan std. deviasi masing-masing sebesar 245,09 dan 16,65. Hal ini menandakan bahwa data heterogen. Dengan kata lain, kemampuan berpikir kreatif matematis siswa beragam, (3) berdasarkan hasil analisis deskripitif dan inferensial, menunjukkan bahwa Terdapat pengaruhModelGuided Discovery Learning terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa kelas XI IPA SMA Negeri 2 Kendari.

Kata Kunci: modelGuided Discovery Learning, kemampuan berpikir kreatif matematis.

Pernyataan Tanggungjawab
Pengarang Samsinar Samsuddin - Personal Name
Edisi
No. Panggil
ISBN/ISSN
Subyek Pend.Matematika
Klasifikasi
Judul Seri
GMD Text
Bahasa Indonesia
Penerbit FKIP/Pend. Matematika
Tahun Terbit 2018
Tempat Terbit UHO KENDARI
Deskripsi Fisik xiv,64 hal,;28 cm
Info Detil Spesifik
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Ketersediaan
LOADING LIST...