Pilih Bahasa  
Book's Detail
Evaluasi Tingkat Kenyamanan Thermal Ruang Kelas SDN 01 Abeli Kendari

ABSTRAK
Asniawati (A1C313155) telah melakukan penelitian dengan judul “Evaluasi Tingkat Kenyamanan Thermal Ruang Kelas SDN 01 ABELI Kendari”. Permasalahan dalam penelitian ini adalah Bagaimana kondisi kenyamanan thermal pada ruang kelas SDN 01 ABELI di tinjau dari arah orientasi bangunan.
Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dimana membandingkan hasil pengukuran yang bersifat kuantitatif dan penelitian lapangan yang bersifat observasional. Penelitian ini menggunakan pencahayaan alami yang berasal dari sinar matahari dengan interval waktu pengukuran setiap empat jam dimulai dari pukul 08:00-16:00. Alat yang digunakan untuk mengukur nilai intensitas pencahayaan alami adalah lux meter, sedangkan untuk mengukur teperatur dan kelembaban udara di dalam ruangan adalah termometer hygro.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan diperoleh kesimpulan bahwa kondisi kenyamanan thermal pada ruang kelas di SDN 01 ABELI belum memenuhi standar SNI. Faktor-faktor yang mempengaruhinya seperti temperatur, kelembaban, arah orientasi bangunan, keadaan fisik bangunan, adanya vegetasi dan bangunan lain yang menghalangi masuknya cahaya matahari disekitar ruangan kelas terhadap kenyamanan thermal. Kenyamanan thermal dalam kelas yang buruk memberikan pengaruh negatif tidak hanya pada fisik maupun psikologis para siswa tetapi juga konsentrasi dan kinerja belajar siswa SDN 01 ABELI.


Kata kunci: kenyamanan thermal, ruang kelas

Pernyataan Tanggungjawab
Pengarang Asniawati - Personal Name
Edisi
No. Panggil
ISBN/ISSN
Subyek Pend.Fisika
Klasifikasi
Judul Seri
GMD Text
Bahasa Indonesia
Penerbit FKIP/Pend.Fisika
Tahun Terbit 2018
Tempat Terbit UHO KENDARI
Deskripsi Fisik xv,31 hal,;28 cm
Info Detil Spesifik
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Ketersediaan
LOADING LIST...