Pilih Bahasa  
Book's Detail
Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas Viii Smp Negeri 5 Kendari

ABSTRAK
Sitti Fathimah Zahra (A1C1 14 061) “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 5 Kendari”.
Tujuan penelitian adalah untuk: (1) mengetahui deskripsi kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Kendari sebelum diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT; (2) mengetahui deskripsi kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Kendari setelah diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT; (3) mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe NHT terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Kendari.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen One Group Pretest-Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Kendari yang terdiri dari 10 kelas paralel dengan jumlah siswa 394 siswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik random sampling, sehingga diperoleh kelas VIIIA sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan pemberian instrumen penelitian berupa tes kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang berbentuk tes uraian. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Berdasarkan analisis data dan pembahasan diperoleh beberapa kesimpulan sebagai berikut: (1) kemampuan pemahaman konsep matematis kelas VIII SMP Negeri 5 Kendari sebelum diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe NHT pada materi bangun ruang sisi datar memiliki nilai rata-rata 47,26, yang berarti bahwa kemampuan pemahaman konsep matematis siswa berada pada kategori rendah, (2) kemampuan pemahaman konsep matematis kelas VIII SMP Negeri 5 Kendari setelah diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe NHT pada materi bangun ruang sisi datar memiliki nilai rata-rata 61,84, yang berarti bahwa kemampuan pemahaman konsep matematis siswa berada pada kategori cukup, (3) berdasarkan hasil analisis deskripitif dan inferensial, menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa sebelum dan setelah diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT, dengan peningkatan normalized gain berkategori rendah. Sehingga dapat dikatakan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran kooperatif tipe NHT terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Kendari.

Kata Kunci: pembelajaran Numbered Heads Together, kemampuan pemahaman konsep matematis.

Pernyataan Tanggungjawab Sitti Fathima Zahra
Pengarang Sitti Fathimah Zahra - Personal Name
Edisi
No. Panggil
ISBN/ISSN
Subyek Ilmu pendidikan Matematika
Klasifikasi
Judul Seri
GMD Text
Bahasa Indonesia
Penerbit FKIP/Pend.Matematika
Tahun Terbit 2018
Tempat Terbit UHO/ KENDARI
Deskripsi Fisik xiii, 53 hlm.; 28 cm
Info Detil Spesifik
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Ketersediaan
LOADING LIST...