ABSTRAK
ALFA SYAHRIN, A1C1 12 027. “Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Teoema Pythagoras melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw pada Siswa Kelas VIII C SMP Negeri 18 Konawe Selatan”. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika materi Teorema Pythagoras melalui model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada siswa kelas VIIIC SMP Negeri 18 Konawe Selatan. Penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 4 siklus, dimana tiap siklus 1 pertemuan. Penelitian ini terlaksana pada semester ganjil tahun ajaran 2016/2017 di kelas VIIIC SMP Negeri 18 Konawe Selatan, dengan jumlah siswa 21 orang yang terdiri dari 8 orang laki-laki dan 13 orang perempuan. Hasil penelitian menunjukan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar matematika materi Teorema Pythagoras melalui model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada siswa kelas VIII C SMP Negeri 18 Konawe Selatan. Hal ini sesuai dengan hasil penelitian yang diperoleh dari siklus I hingga siklus IV menunjukan bahwa persentase aktivitas guru dan siswa secara klasikal mencapai indikator keberhasilan sebesar 80 %. Persentase hasil belajar siswa mencapai indikator keberhasilan sebesar 75 % dengan standar indikator keberhasilan sebesar 68.
Kata Kunci : Hasil belajar Matematika, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw.
|