Pilih Bahasa  
Book's Detail
EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA (PMRI) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 5 KENDARI

ABSTRAK
Sri Ainun Handayani (A1C1 14 065). Penelitian ini berjudul “Efektivitas Pembelajaran Matematika Melalui Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 5 Kendari’’. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan tujuan: (1) Untuk mengetahui deskripsi hasil belajar matematika sebelum diajar dengan menggunakan pendekatan PMRI pada siswa kelas VII SMP Negeri 5 Kendari. (2) Untuk mengetahui deskripsi hasil belajar matematika sesudah diajar dengan menggunakan pendekatan PMRI pada siswa kelas VII SMP Negeri 5 Kendari. (3) Untuk mengetahui pembelajaran matematika dengan menggunakan pendekatan PMRI efektif terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 5 Kendari. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 5 Kendari yang terdiri dari 11 kelas paralel yaitu VIIA-VIIK . Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Penentuan kelas eksperimen dilakukan secara random dan diperoleh kelas VIIF sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan pemberian instrumen penelitian berupa tes hasil belajar siswa yaitu pretest dan posttest berbentuk tes uraian/essay. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial. Hasil penelitian secara deskriptif dan secara inferensial menunjukan bahwa: (1) Deskripsi hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 5 Kendari sebelum diajar dengan menggunakan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) diperoleh nilai rata-rata sebesar 60,06. Standar deviasi sebesar 1,887 dan varians sebesar 356,386. (2) Deskripsi hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 5 Kendari setelah diajar dengan menggunakan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) diperoleh nilai rata-rata sebesar 64,83. Standar deviasi sebesar 2,312. dan varians sebesar 534,887. (3) Berdasarkan hasil pengujian hipotesis dapat disimpulkan bahwa ratarata hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 5 Kendari setelah diajar dengan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) lebih tinggi dari pada rata-rata hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 5 Kendari sebelum diajar pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI). Dengan demikan, pembelajaran matematika dengan menggunakan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) efektif terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 5 Kendari. Adapun kategori efektif berdasarkan hasil analisis N-gain dapat disimpulkan bahwa efektivitas pembelajaran matematika dengan menggunakan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 5 Kendari memiliki rata-rata kategori efektif yang rendah.
Kata Kunci : Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI), Hasil Belajar Matematika Siswa.

Pernyataan Tanggungjawab
Pengarang SRI AINUN HANDAYANI - Personal Name
Edisi
No. Panggil
ISBN/ISSN
Subyek
Klasifikasi
Judul Seri
GMD Text
Bahasa Indonesia
Penerbit FKIP/Pend. Matematika
Tahun Terbit 2018
Tempat Terbit UHO KENDARI
Deskripsi Fisik xii,67 hal,;28 cm
Info Detil Spesifik
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Ketersediaan
LOADING LIST...