Pilih Bahasa  
Book's Detail
ANALISIS KESALAHAN DALAM MENYELESAIKAN SOAL – SOAL EKSPONEN DAN LOGARITMA PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 RAHA

ABSTRAK
Sitti Maulid (A1C1 11 092) “Analisis Kesalahan dalam Menyelesaikan Soal– Soal Eksponen dan Logaritma Pada Siswa Kelas X SMA NEGERI 1 RAHA”. Masalah dalam penelitian ini adalah: (1) bagaimana deskripsi kemampuan siswa kelas X SMA NEGERI 1 RAHA dalam menyelesaikan soal-soal eksponen dan logaritma?; (2) kesalahan-kesalahan apakah yang dilakukan siswa kelas X SMA NEGERI 1 RAHA dalam menyelesaikan soal-soal eksponen dan logaritma?; dan (3) faktor-faktor apakah yang menyebabkan kesalahan siswa kelas X SMA NEGERI 1 RAHA dalam menyelesaikan soal-soal eksponen dan logaritma?. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan kemampuan siswa kelas X SMA NEGERI 1 RAHA dalam menyelesaikan soal–soal eksponen dan logaritma; (2) mengetahui kesalahan–kesalahan yang dilakukan siswa kelas X SMA NEGERI 1 RAHA dalam menyelesaikan soal–soal eksponen dan logaritma; dan (3) mengetahui faktor–faktor yang menyebabkan kesalahan siswa kelas X SMA NEGERI 1 RAHA dalam menyelesikan soal–soal eksponen dan logaritma. Penelitian ini adalah penelitian yang bersifat eksploratif. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SMA NEGERI 1 RAHA Tahun Ajaran 2015/2016 semester ganjil. Subyek dalam penelitian ini adalah kelas X.11 sebanyak 27 orang, dan subjek yang diwawancarai dalam penelitian ini terdiri dari 6 orang dengan kriteria: (1) siswa yang banyak membuat kesalahan dalam menjawab setiap butir soal; dan (2) kesalahan atau variasi kesalahan yang dilakukan siswa, berupa kesalahan fakta, konsep, operasi dan prinsip. Data hasil wawancara digunakan sebagai pembanding data hasil tes. Analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan, dan verifikasi data. Validasi data dilakukan dengan triangulasi investigator. Data tentang kesalahan masing–masing subjek diperoleh dari tes. Jawaban siswa dianalisis untuk mendapatkan kesalahan–kesalahan dalam menyelesaikan soal materi eksponen dan logaritma yang meliputi kesalahan fakta, kesalahan konsep, kesalahan operasi, dan kesalahan prinsip. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah: (1) Hasil analisis deskriptif kemampuan penyelesaian soal eksponen dan logaritma siswa berkisar 12 sampai dengan 79 dengan rata–rata 39,111; median 36; modus 16; (2) jenis kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal materi eksponen dan logaritma yang meliputi kesalahan fakta, kesalahan konsep, kesalahan operasi, dan kesalahan prinsip; dan (3) faktor penyebab kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal materi eksponen dan logaritma, yaitu: kurangnya pengetahuan siswa mengenai materi prasyarat eksponen dan logaritma, rendahnya motivasi siswa, kurangnya pemahaman konsep dan sifat-sifat dalam eksponen dan logaritma, siswa tidak dapat menyusun langkah–langkah yang sistematis dalam menyelesaikan soal, dan ketidaktelitian siswa.
Kata kunci: Analisis Kesalahan, Eksponen dan Logaritma, Hasil Jawaban Siswa.

Pernyataan Tanggungjawab
Pengarang Sitti Maulid - Personal Name
Edisi
No. Panggil
ISBN/ISSN
Subyek Pend.Matematika
Klasifikasi
Judul Seri
GMD Text
Bahasa Indonesia
Penerbit FKIP/Pend.Matematika
Tahun Terbit 2018
Tempat Terbit UHO KENDARI
Deskripsi Fisik xiv,92 hal,;28 cm
Info Detil Spesifik
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Ketersediaan
LOADING LIST...