Pilih Bahasa  
Book's Detail
Pengaruh Kecemasan Matematika Dan Pemahaman Matematika Terhadap Kemampuan Penalaran Matematika Siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)

ABSTRAK
Wa Ode Nurfalian Sari (G2I1 16 062). Penelitian dengan Judul “Pengaruh Kecemasan Matematika dan Pemahaman Matematika terhadap Kemampuan Penalaran Matematika Siswa Sekolah Menengah Kejuaruan (SMK)”.
Penelitian ini merupakan penelitian expost facto dengan tujuan untuk: (1) mendeskripsikan kecemasan matematika, pemahaman matematika, dan kemampuan penalaran matematika siswa SMK; (2) menganalisis pengaruh langsung kecemasan matematika terhadap kemampuan penalaran matematika siswa SMK; (3) menganalisis pengaruh langsung pemahaman matematika terhadap kemampuan penalaran matematika siswa SMK; (4) menganalisis pengaruh langsung kecemasan matematika terhadap pemahaman matematika siswa SMK; dan (5) menganalisis pengaruh tidak langsung kecemasan matematika terhadap kemampuan penalaran matematika siswa SMK. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMKN 1 Kendari dengan jumlah 477 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan dua teknik, yaitu cluster random sampling dan purposive sampling. Teknik cluster random sampling dilakukan pada saat random kelas berdasarkan jurusan dengan tujuan memperoleh 4 (empat) kelas penelitian. Sementara teknik purposive sampling dilakukan pada saat random kelas dengan tujuan memperoleh 4 (empat) kelas yang homogen. Pengambilan data dilakukan dengan cara pemberian essay test untuk memperoleh data pemahaman dan kemampuan penalaran matematika serta pemberian kuesioner kecemasan matematika. Analisis yang digunakan untuk mengetahui pengaruh langsung dan pengaru tidak langsung adalah analisis jalur (path analysis). Kesimpulan dari penelitian ini adalah: (1) secara deskriptif kecemasan matematika berada pada kategori sedang, pemahaman matematika berada pada kategori rendah, dan kemampuan penalaran matematika berada ada kategori rendah; (2) kecemasan matematika mempunyai pengaruh langsung yang signifikan terhadap kemampuan penalaran matematika; (3) pemahaman matematika mempunyai pengaruh langsung yang tidak signifikan terhadap kemampuan penalaran matematika; (4) kecemasan matematika mempunyai pengaruh langsung yang signifikan terhadap pemahaman matematika; (5) kecemasan matematika mempunyai pengaruh tidak langsung yang tidak signifikan terhadap kemampuan penalaran matematika.

Kata Kunci: Kecemasan Matematika, Pemahaman Matematika, Kemampuan Penalaran Matematika.

Pernyataan Tanggungjawab
Pengarang Wa Ode Nurfalin Sari - Personal Name
Edisi
No. Panggil
ISBN/ISSN
Subyek Pend.Matematika
Klasifikasi
Judul Seri
GMD Text
Bahasa Indonesia
Penerbit PASCA/Pend.Matematika
Tahun Terbit 2018
Tempat Terbit UHO KENDARI
Deskripsi Fisik xii,189 hal,;28 cm
Info Detil Spesifik
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Ketersediaan
LOADING LIST...