Pilih Bahasa  
Book's Detail
SIFAT FISIKA KAYU LONKIDA (Nauclea orientalis L.) DI HUTAN RAKYAT DESA KOTA MAJU, KECAMATAN OHEO, KABUPATEN KONAWE UTARA.

Jenggo (D1B512 024) Sifat Fisika Kayu Lonkida (Nauclea orientalis L.) di Hutan Rakyat Desa Kota Maju, Kecamatan Oheo, Kabupaten Konawe Utara. (Dibimbing oleh Rosmarlinasiah sebagai pembimbing I dan Nurhayati Hadjar sebagai pembimbing II).
Sifat fisika kayu merupakan salah satu sifat dasar kayu yang berguna sebagai pertimbangan dalam pemanfaatan suatu jenis kayu karena secara langsung menjadi indikasi kekuatan kayu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sifat fisika kayu Lonkida (Nauclea orientalis L.) yang meliputi kadar air, berat jenis, dan penyusutan. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Agustus hingga Oktober 2016 pengambilan sampel kayu Lonkida dari Desa Kota Maju, Kecamatan Oheo, Kabupaten Konawe Utara, pengujian sifat fisika dilakukan di Laboratorium Kehutanan, Jurusan Kehutanan dan Ilmu Lingkungan dan Laboratorium Ilmu Tanah, Fakultas Pertanian, Universitas Halu Oleo Kendari, Sulawesi Tenggara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata kadar air basah yaitu 118,48%, nilai rata-rata kadar air kering udara 12,69 %, dan nilai rata-rata kadar air kering tanur 5,20 %. Nilai rata-rata berat jenis basah yaitu 0,36, nilai rata-rata berat jenis kering udara 0,58, dan nilai rata-rata berat jenis kering tanur 0,79. Nilai rata-rata penyusutan pada arah radial dari kondisi basah ke kering udara 6,94 %, nilai rata-rata pada arah tangensial dari kondisi basah ke kering udara yaitu 15,97 %.

Kata Kunci : Sifat Fisika, Kayu Lonkida (Nauclea orientalis L.) Konawe Utara.

Pernyataan Tanggungjawab
Pengarang JENGGO - Personal Name
Edisi
No. Panggil
ISBN/ISSN
Subyek
Klasifikasi
Judul Seri
GMD Text
Bahasa Indonesia
Penerbit FKIL/Kehutanan
Tahun Terbit 2018
Tempat Terbit UHO KENDARI
Deskripsi Fisik xiv,43 hal,;28 cm
Info Detil Spesifik
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Ketersediaan
LOADING LIST...