Pilih Bahasa  
Book's Detail
Strategi Penjual Jagung Rebus (PJR) Dalam Menarik Pelanggan (Studi Pada Penjual Jagung Rebus di Desa Amesiu, Kecamatan Pondidaha, Kabupaten Konawe)

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui mengapa masyarakat menjual jagung rebus dan mengetahui strategi masyarakat penjual jagung rebus dalam mempertahankan jualan jagung rebus di kecamatan pondidaha kabupaten konawe. Penelitian ini menggunakan teori strategi adaptasi oleh John William Bennet. Teknik pengumpulan data yang akan digunakan Metode penelitian ini adalah menggunakan metode pengamatan (observation) dan wawancara mendalam (indepth interview) sifatnya yang holistik-integratif, deskripsi yang mendalam dan analisis kualitatif.

Hasil untuk mengetahui Strategi penjual Jagung Rebus(PJR) di Desa Amesiu Kecamatan Pondidaha Kabupaten Konawe. Kesimpulan 1). Alasan masyarakat menjual jagung disini di maknai sebagai suatu unsur atau hal yang dapat mempengaruhi suatu keadaan atau seseorang untuk melakukan sesuatu. Begitu pula aktivitas atau praktik penjualan pada masyarakat yang ada di desa amesiu adalah sebagai berikut: Faktor Pertemanan, Peluang kerja, Tersedianya Sumber Daya Manusia, Tersedianya Sumber Daya Alam. Dari beberapa alasan yang sampaikan dari para penjual jagung rebus bahwa ketersedian bahan baku yang memadai yang disediakan oleh alam serta tersedianya manusia yang kreatif dan pekerja yang selalu ada, menjadi alasan para penjual jagung rebus untuk tetap eksis sampai sekarang ini.2). Strategi penjual jagung rebus ada upaya bagaimana cara segala sesuatu yang berhubungan dengan tujuan tertentu yang dijalankan dapat tercapai, agar supaya para penjual jagung rebus tetap eksis dalam menjalankan usahanya dan dapat menarik daya beli para pengguna jalan, adapun strateginya adalah sebagai berikut: mengangkat tutup panci, senyum penjaga lapak, cara berpakaian, mepekerjakan wanita berparas cantik, menu tambahan, memberikan diskon, SKSA (sok kenal sok akrap), memberi nomer hp. Dari beberapa strategi yang dilakukan oleh para penjual jagung rebus dengan maksud menarik minat pembeli pengguna jalan untuk rehat sejenak dari lelahnya perjalanan untuk memcicipi jajanan yang ditawarkan oleh penjual jagung rebus.

Kata kunci: Startegi, Penjual, Jagung Rebus

Pernyataan Tanggungjawab
Pengarang Barlin - Personal Name
Edisi
No. Panggil
ISBN/ISSN
Subyek Antropologi Sosial
Klasifikasi
Judul Seri
GMD Text
Bahasa Indonesia
Penerbit FIB/Antropologi Sosial
Tahun Terbit 2018
Tempat Terbit UHO KENDARI
Deskripsi Fisik xii,65 hal,;28 cm
Info Detil Spesifik
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Ketersediaan
LOADING LIST...