Pilih Bahasa  
Book's Detail
Meningkatkan Kemampuan Sosial Emosional Anak Melalui Permainan Kartu Huruf Hijaiyah Di Kelompok B Ra Al-Mu’minin Kota Kendari

ABSTRAK
RINI SRIANJAYANI 2018 “Meningkatkan Kemampuan Sosial Emosional Anak melalui Permainan Kartu Huruf Hijaiyah di Kelompok B RA Al-Mu’minin Kota Kendari”. Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Halu Oleo. Pembimbing pertama Ibu Hj. Aisyah dan Pembimbing kedua Bapak Muamal Gadafi.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana meningkatkan kemampuan sosial emosional anak melalui permainan kartu huruf hijaiyah di kelompok B RA Al-Mu’minin Kota Kendari?. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan sosial emosional anak melalui permainan kartu huruf hijaiyah di kelompok B RA Al-Mu’minin Kota Kendari.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Tahap-tahap dalam penelitian ini mengikuti prosedur Penelitian Tindakan Kelas, yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan atau observasi, dan (4) refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan anak di Kelompok B RA Al-Mu’minin Kota Kendari berjumlah 20 orang yang terdiri dari 9 anak perempuan dan 11 anak laki-laki dengan rentang usia 5-6 tahun.
Berdasarkan analisis data hasil observasi aktivitas mengajar guru pada siklus I diperoleh persentase tercapai sebesar 53,8% atau 7 aspek dari 13 aspek yang diamati, sedangkan siklus II persentase tercapai aktivitas mengajar guru mengalami peningkatan menjadi 92,4% atau 12 aspek dari 13 aspek yang diamati. Pada aktivitas belajar anak pada siklus I persentase tercapai sebesar 61,5% atau 8 aspek dari 13 aspek yang diamati, sedangkan persentase tercapai aktivitas belajar anak siklus II juga mengalami peningkatan menjadi 84,6 % atau 11 aspek dari 13 aspek yang diamati. Berdasarkan observasi awal kemampuan sosial emosional anak didik sebesar 35%. Setelah pelaksanaan tindakan, hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar anak didik dari siklus I sebesar 60% ke siklus II sebesar 85%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kemampuan sosial emosional anak pada kelompok B RA Al-Mu’minin Kota Kendari dapat ditingkatkan melalui permainan kartu huruf hijaiyah.

Kata kunci: kemampuan sosial emosional, permainan kartu huruf hijaiyah

Pernyataan Tanggungjawab
Pengarang Rini Srianjayani - Personal Name
Edisi
No. Panggil
ISBN/ISSN
Subyek Pend.Anak Usia Dini
Klasifikasi
Judul Seri
GMD Text
Bahasa Indonesia
Penerbit FKIP/PG-PAUD
Tahun Terbit 2018
Tempat Terbit UHO KENDARI
Deskripsi Fisik xiii,59 hal,;28 cm
Info Detil Spesifik
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Ketersediaan
LOADING LIST...