Pilih Bahasa  
Book's Detail
Model Penanganan Terpadu Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) Siswa Penyandang Autis (Studi di Sekolah Luar Biasa Mandara Kota Kendari)

ABSTRAK

SURYANTI (C1B3 14 062) “Model Penanganan Terpadu Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) Siswa Penyandang Autis (Studi di Sekolah Luar Biasa Mandara Kota Kendari)” di bawah bimbingan Dra. Hj. Ratna Supiyah, M.Si sebagai pembimbing I dan Dr. Ambo Upe, S.Sos., M.Si, sebagai pembimbing II.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui model penanganan terpadu Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) siswa penyandang autis di Sekolah Luar Biasa Mandara Kota Kendari. (2) Mengetahui hambatan yang dialami dalam penanganan terpadu Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) siswa penyandang autis di Sekolah Luar Biasa Mandara Kota Kendari.
Penelitian ini dilakukan di Sekolah Luar Biasa Mandara Kota Kendari. Jenis penelitian adalah deskriptif kualitatif. Informan penelitian sebanyak 7 orang, diantaranya adalah 1 orang kepala sekolah, 1 orang Guru Pendamping Khusus (GPK), 2 orang tua, dan 3 siswa penyandang autis. Teknik pengumpulan data terdiri dari observasi, wawancara dan studi dokumen.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) model penanganan terpadu ABK siswa penyandang autis di SLB mandara kota kendari terbagi atas empat yakni (a) Terapi Perilaku, (b) Terapi Musik, (c) Terapi Multimedia, dan (d) Pendidikan Khusus. 2) Hambatan yang berhubungan dengan kegiatan guru yakni (a) Kurangnya guru pendamping khusus, (b) Sarana dan prasarana yang kurang memadai, (c) Terbatasnya ilmu yang dimiliki guru dalam menangani anak autis.

Kata Kunci: Penanganan Terpadu, Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) Siswa Penyandang Autis.

Pernyataan Tanggungjawab
Pengarang Suryanti - Personal Name
Edisi
No. Panggil
ISBN/ISSN
Subyek Ilmu Kesejahteraan Sosial
Klasifikasi
Judul Seri
GMD Text
Bahasa Indonesia
Penerbit FISIP/Ilmu Kesejahteraan Sosial
Tahun Terbit 2018
Tempat Terbit UHO KENDARI
Deskripsi Fisik xi,69 hal,;28 cm
Info Detil Spesifik
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Ketersediaan
LOADING LIST...