ABSTRAK
Sumiati. 2018. “Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Hijaiyah Pada Anak Melalui Media Gambar Di Kelompok B TK Melati Puri Tawang Alun Kendari”. Hasil penelitian, Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Halu Oleo Kendari. Pembimbing (I), Ibu Salwiah dan pembimbing (II) Bapak Ratulangi.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah kemampuan mengenal huruf hijaiyah di Kelompok B TK Melati Puri Tawang Alun Kendari dapat ditingkatkan melalui media gambar?. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengenal huruf hijaiyah pada anak melalui media gambar di Kelompok B TK Melati Puri Tawang Alun Kendari.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Tahap-tahap dalam penelitian ini mengikuti prosedur Penelitian Tindakan Kelas, yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan atau observasi, dan (4) refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan anak didik di Kelompok B TK Melati Puri Tawang Alun Kendari yang berjumlah 15 orang anak didik yang terdiri atas 6 orang anak perempuan dan 9 orang anak laki-laki dengan rentang usia 5 sampai 6 tahun.
Berdasarkan analisis data hasil observasi aktivitas mengajar guru pada siklus I, diperoleh presentase yang tercapai sebesar 72,22% dan tidak tercapai sebesar 27,78%, sedangkan aktivitas belajar anak pada siklus I diperoleh presentase yang tercapai sebesar 75% dan tidak tercapai sebesar 25%. Pada siklus II diperoleh persentase yang tercapai dalam aktivitas mengajar guru mengalami peningkatan menjadi 94,44%, dan tidak tercapai sebesar 5,56%. Sedangkan untuk persentase yang tercapai pada aktivitas belajar anak siklus II juga mengalami peningkatan menjadi 93,75% dan tidak tercapai sebesar 6,25%.
Berdasarkan hasil observasi belajar tentang kemampuan mengenal huruf hijaiyah pada anak melalui media gambar di Kelompok B TK Melati Puri Tawang Alun Kendari menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar. Hal ini dapat dibuktikan pada siklus I diperoleh persentase 66.67% atau 10 orang anak didik dengan kategori BSB (****) yaitu 1 orang anak didik dan kategori BSH (***) yaitu 9 orang anak didik. Pada siklus II diperoleh persentase 93.33% atau 14 orang anak didik dengan kategori BSB (****) yaitu 5 orang anak didik dan kategori BSH (***) yaitu 9 orang anak didik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kemampuan mengenal huruf hijaiyah pada anak di Kelompok B TK Melati Puri Tawang Alun Kendari dapat ditingkatkan melalui media gambar pada semester ganjil tahun pelajaran 2018/2019.
Kata Kunci: Huruf Hijaiyah, Media Gambar
|