ABSTRAK
Nirma (2018). “Meningkatkan Kemampuan Menulis Permulaan melalui Kegiatan Meniru Huruf pada Label di Kelompok A TK PGRI Zulzaman Kabawo”. Jurusan Pendidikan Guru-Pendidikan Anak Usia Dini (PG-PAUD). Skripsi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Halu Oleo. Pembimbing I ibu Aisyah dan Pembimbing II ibu Dorce Banne Pabunga.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah dengan kegiatan meniru huruf pada label dapat meningkatkan kemampuan menulis permulaan di Kelompok A TK PGRI Zulzaman Kabawo? Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis permulaan melalui kegiatan meniru huruf pada label di kelompok A TK PGRI Zulzaman Kabawo.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Tahap-tahap dalam penelitian ini yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan, (4) refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan anak pada kelompok A TK PGRI Zulzaman Kabawo yang berjumlah 15 anak terdiri dari 6 orang anak laki-laki dan 9 orang anak perempuan.
Hasil aktivitas mengajar guru dalam meningkatkan kemampuan menulis permulaan melalui kegiatan meniru huruf pada label pada siklus I dari 13 aspek yang diamati ada 10 aspek yang tercapai atau 76,92%. Aktivitas belajar anak pada siklus I, dari 13 aspek yang diamati yang tercapai ada 9 aspek atau 69,23%. Hasil belajar anak dalam meningkatkan kemampuan menulis permulaan melalui kegiatan meniru huruf pada label, dari 15 anak ada 3 anak yang memperoleh nilai berkembang sangat baik, 8 anak yang memperoleh nilai berkembang sesuai harapan dan 4 anak yang memperoleh nilai mulai berkembang.
Pada siklus II, observasi aktivitas mengajar guru melalui kegiatan menulis permulaan mengalami peningkatan dari 13 aspek yang diamati ada 12 aspek yang tercapai atau 92,30%. Aktivitas belajar anak pada siklus II meningkat menjadi 11 aspek yang tercapai dari 13 aspek yang diamati atau 84,61%. Hasil belajar anak dalam meningkatkan kemampuan menulis permulaan melalui kegiatan meniru huruf pada label mengalami peningkatan pada siklus II dari 15 anak ada 4 anak yang memperoleh nilai berkembang sangat baik, 9 anak yang memperoleh nilai berkembang sesuai harapan dan 2 anak yang memperoleh nilai mulai berkembang. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kemampuan menulis permulaan anak di TK PGRI Zulzaman Kabawo dapat ditingkatkan melalui kegiatan meniru huruf pada label.
Kata Kunci : menulis permulaan, meniru huruf
|