ABSTRAK
Evi Yulijanti (G2 C1 16 048) Analisis Disiplin Kerja Pegawai dan Pelayanan Mahasiswa Pada Fakultas Teknik Universitas Halu Oleo. Dibimbing oleh: Arifin Utha sebagai Pembimbing I dan Muh. Amir sebagai Pembimbing II.
Tujuan penelitian ini adalah: 1) untuk mengetahui dan menganalisis disiplin kerja pegawai pada Fakultas Teknik Universitas Halu Oleo, 2) untuk mengetahui dan menganalisis kualitas pelayanan mahasiswa pada Fakultas Teknik Univeristas Halu Oleo.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Pengumpulan data dengan teknik wawancara dan studi dokumentasi dengan penentuan informan sebanyak 19 orang yang ditentukan dengan teknik purposive sampling. Analisis data menggunakan prosedur analisis interaktif yang mencakup reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian: 1) Pegawai administrasi pada Fakultas Teknik secara umum sudah memiliki disiplin kerja yang baik ini dapat dilihat dari kedisiplinan pegawai datang tepat waktu dan ketaatan pegawai terhadap standar kerja dengan mengutamakan standar operasional prosedur (SOP) dalam bekerja, namun berdasarkan hasil analisis masih terdapat pegawai yang hadir tidak tepat waktu dan masih adanya pegawai yang berpakaian tidak sesuai dengan ketentuan sehingga masih perlu ditingkatkan lagi. 2) Pelayanan berkualitas kepada mahasiswa, dapat tercermin dari beberapa dimensi kualitas pelayanan yang diberikan, diantaranya dapat dilihat dari dimensi, berupa: Dimensi responsiviness (ketanggapan) sudah berjalan dengan baik dengan tingginya tespon petugas administrasi dalam memberikan pelayanan, adanya jaminan pada dimensi Assurance (jaminan) seperti tepat waktu dan jaminan kepastian biaya dalam pelayanan dan selanjutnya adanya sikap emphaty (perhatian) yang cukup baik yang ditunjukkan oleh petugas layanan dalam memberikan pelayanan. Akan tetapi terdapat dimensi yang belum berjalan sesuai dengan harapan mahasiswa seperti pada dimensi tangible (berwujud) yaitu adanya mahasiswa yang kurang nyaman dengan tempat pelayanan, kemudian pada dimensi reliability (kehandalan) masih terlihat adanya pegawai yang kurang cermat dalam memberikan pelayanan.
Kata kunci : Disiplin Kerja, Pelayanan, Mahasiswa.
|