ABSTRAK
Abstrak: Penelitian ini bertujuan adalah untuk mengetahui ada tidaknya hubungan yang signifikan antara : (1) Disiplin belajar dengan hasil belajar siswa kelas VII pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri di Kusambi Raya Kabupaten Muna Barat (2) Kepercayaan diri dengan hasil belajar siswa kelas VII pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri di Kusambi Raya Kabupaten Muna Barat (3) Disiplin belajar dan kepercayaan diri siswa secara bersama-sama dengan hasil belajar siswa kelas VII pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri di Kusambi Raya Kabupaten Muna Barat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah berjumlah 308 siswa. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah berjumlah 75 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen uji coba secara empriik untuk melihat validitas dan reliabilitas.
Penelitian menemukan bahwa: (1) terdapat hubungan positif dan signifikan antara disiplin belajar dengan hasil belajar siswa kelas VII pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri kusambi raya kabupaten muna barat seperti ditunjukkan oleh koefisien korelasi (ry1) 0,354 dan koefisien determinasi sebesar 0.125 ; (2) terdapat hubungan positif dan signifikan antara kepercayaan diri dengan hasil belajar siswa kelas VII pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri kusambi raya kabupaten muna barat seperti ditunjukkan oleh koefisien korelasi (ry2) 0,505 dan koefisien determinasi sebesar 0,255; (3) terdapat hubungan positif dan signifikan antara disiplin belajar dan kepercayaan diri dengan hasil belajar siswa kelas VII pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri kusambi raya kabupaten muna barat seperti ditunjukkan oleh koefisien korelasi ganda (ry12) 0,555 dan koefisien determinasi sebesar 0,308.
Dari temuan penelitian ini, disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara disiplin belajar dan kepercayaan diri dengan hasil belajar IPS siswa kelas VII SMP Negeri di Kusambi Raya Kabupaten Muna Barat.
Kata kunci : Disiplin Belajar Dan Kepercayaan Diri Dengan Hasil Belajar IPS
|