ABSTRAK
Arus lalu lintas merupakan interaksi yang unik antara pengemudi, kendaraan dan jalan. Penelitian ini berjudul Analisa Pergerakan Masuk di Kampus universitas Halu Oleo. Dengan demikian diperlukan parameter yang dapat menunjukkan kondisi pada lima titik pintu masuk di Universitas Halu Oleo. Parameter yang digunakan antara lain volume lalu lintas, kapasitas, derajat kejenuhan, kecepatan, dan hambatan samping.
Tujuan dilakukannya penelitian ini yaitu untuk mengetahui besar pergerakan arus lalu lintas yang masuk melalui 5 titik pintu masuk di kampus Universitas Halu Oleo dan mengetahui Kinerja jalan di kampus Universitas Halu Oleo serta yang mempengaruhinya serta mengetahui perbandingan karakteristik kinerja pada lima titik pintu masuk di kampus Universitas Halu Oleo yang di tinjau berdasarka v/c rasio dan kecepatan waktu tempuh. Metode pengumpulan data adalah survey secara langsung dengan mencatat volume lalu lintas, hambatan samping dan kecepatan waktu tempuh.
Hasil penelitian yang diperoleh yaitu volume lalulintas pada titik pengamatan pintu II (Gerbang Utama UHO) dengan volume lalulintas berdasarkan nilai-nilai volume lalu lintas bahwa aktivitas lalu lintas tertinggi pada yang terjadi pada hari senin sebesar 1545 smp/jam pada pukul 07.00 – 08.00 dan untuk aktivitas lalu lintas terendah terjadi pada hari minggu sebesar 333 smp/jam pada pukul 15.00 – 16.00. Hasil penelitian yang ditinjau pada lima titik pintu pengamatan, derjatat kejenuhan terbesar yaitu pada hari senin di titik pintu masuk II (Gerbang Utama UHO) maka derajad kejenuhan Pintu Masuk II UHO pada hari senin jam 07.00-08.00 dengan nilai DS=1,997. Kinerja ruas jalan di lokasi pintu masuk II (Gerbang Utama UHO) menunjukan bahwa kinerja ruas jalan Arus yang dipaksakan/macet, kecepatan rendah, V diatas kapasitas, antrian panjang dan terjadi hambatan-hambatan yang besar dengan tingkat pelayanan pada level F, sehingga berpengaruh pada kapasitas di ruas jalan ini. Sehingga kondisi lalu lintas dalam pintu masuk II (Gerbang Utama UHO) tidak normal.
Kata kunci : Volume Lalulintas, derajat kejenuhan, kapasitas, kecepatan, dan hambatan samping
|