Pilih Bahasa  
Book's Detail
Tinjauan Nilai Kerusakan Jalan Menggunakan Metode Bina Marga Dan Metode Pavement Condition Index (PCI) (Studi Kasus Ruas Jalan KH. Ahmad Dahlan, Kota Kendari)

ABSTRAK
TINJAUAN NILAI KERUSAKAN JALAN MENGGUNAKAN METODE BINA MARGA DAN METODE PAVEMENT CONDITION INDEX (PCI) (STUDI KASUS RUAS JALAN KH. AHMAD DAHLAN, KOTA KENDARI)
Sitti Hardianti Aisyah
Mahasiswa Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Halu Oleo
Email :sittihardianti.aisyah@yahoo.co.id
Jalan merupakan salah satu prasarana angkutan darat yang memegang peranan penting dalam mempercepat pertumbuhan dan perkembangan suatu daerah. Dengan meningkatnya jumlah penduduk yang tidak terkendali dan jumlah volume lalulintas yang bertambah, hal ini merupakan salah satu penyebab meningkatnya kerusakan jalan.
Ruas Jalan KH. Ahmad Dahlan merupakan jalan yang berada di wilayah Kota Kendari dengan tipe jalan 4 lajur 2 jalur terbagi (4/2D). Tujuan penelitian ini untuk mengetahui jenis kerusakan pada permukaan perkerasan jalan, mengetahui tingkat kerusakan permukaan jalan dan memberikan cara perbaikan sesuai jenis dan tingkat kerusakan jalan. Metode pada peneltian ini Bina Marga dan Pavement Condition Index (PCI). Adapun sumber data yang digunakan adalah penelitian lapangan dengan data primer berupa hasil survey lalu lintas harian rata-rata (LHR), survey kerusakan jalan dan pengambilan data geometrik. Ururtan prioritas penanganan jalan dengan metode Bina Marga didasarkan pada rentang nilai 0 - ≥ 7, sedangkan metode PCI merangking kondisi perkerasan dari nilai 0 – 100.
Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah amblas (39,92 %), lubang (6,35 %), retak kulit buaya (47,73 %), tambalan (4,24 %), kegemukkan (0,062%), dan retak pinggir (1,70 %). Metode Bina Marga didapat nilai Urutan Prioritas (UP) = 5 dan6 (untuk tiap ruas kiri dan kanan) dimasukkan dalam program pemeliharaan berkala, sedangkan berdasarkan metode PCI diperoleh nilai tingkat kerusakan untuk tiap ruas kiri dan kanan sebesar 54 (jalan dikategorikan sedang) dan 64 (jalan dikategorikan baik) dimana penangananya 1-5 tahun lagi pemeliharaan. Perbaikan kerusakan sesuai jenis dan tingkat kerusakan dengan penambalan lubang, melapisi retak, mengisi retakkan dan perataan.

Kata Kunci :Bina Marga, PCI, Tinjauan Kerusakan Jalan

Pernyataan Tanggungjawab
Pengarang Sitti Hardianti Aisyah - Personal Name
Edisi
No. Panggil
ISBN/ISSN
Subyek Teknik Sipil
Klasifikasi
Judul Seri
GMD Text
Bahasa Indonesia
Penerbit F-TEKNIK/Teknik Sipil
Tahun Terbit 2018
Tempat Terbit UHO KENDARI
Deskripsi Fisik xvi,92 hal,;28 cm
Info Detil Spesifik
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Ketersediaan
LOADING LIST...