ABSTRAK
Norma Fahamu. 2017.“Meningkatkan Kreativitas Anak melalui Kegiatan Menempel Pola dengan Teknik Kolase pada Kelompok B TK Tunas Bakti Kendari”. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Halu Oleo Kendari. Pembimbing pertama, Ibu Hj. Aisyah dan pembimbing kedua Ibu Sitti Rahmaniar Abubakar.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah kreativitas anak dapat ditingkatkan melalui kegiatan menempel pola dengan teknik kolase pada Kelompok B TK Tunas Bakti Kendari?. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas anak melalui melalui kegiatan menempel pola dengan teknik kolase pada Kelompok B TK Tunas Bakti Kendari.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Tahap-tahap dalam penelitian ini mengikuti prosedur Penelitian Tindakan Kelas, yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan atau observasi, dan (4) refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan anak didik di Kelompok B TK Tunas Bakti Kendari yang berjumlah 15 orang anak didik yang terdiri atas 8 orang anak perempuan dan 7 orang anak laki-laki dengan rentang usia 5 sampai 6 tahun.
Berdasarkan analisis data hasil observasi aktivitas mengajar guru pada siklus I, diperoleh ketercapaian sebesar 68.75% dan ketidaktercapaian sebesar 31.25% sedangkan aktivitas belajar anak pada siklus I diperoleh ketercapaian sebesar 66.66% dan ketidaktercapaian sebesar 33.34%. Pada siklus II persentase ketercapaian aktivitas mengajar guru mengalami peningkatan menjadi 93.75%, dan ketidaktercapaian sebesar 6.25%. Sedangkan untuk persentase ketercapaian aktivitas belajar anak siklus II juga mengalami peningkatan menjadi 93.33% dan ketidaktercapaian sebesar 6.67%.
Berdasarkan hasil observasi belajar tentang kreativitas anak melalui kegiatan menempel pola dengan teknik kolase di Kelompok B TK Tunas Bakti Kendari menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar. Hal ini dapat dibuktikan pada siklus I diperoleh persentase 73.33% atau 11 orang anak didik dengan kategori BSB (****) yaitu 1 orang anak didik dan kategori BSH (***) yaitu 10 orang anak didik. Pada siklus II diperoleh persentase 93.33% atau 14 orang anak didik dengan kategori BSB (****) yaitu 5 orang anak didik dan kategori BSH (***) yaitu 9 orang anak didik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kreativitas anak di Kelompok B TK Tunas Bakti Kendari dapat ditingkatkan melalui kegiatan menempel pola dengan teknik kolase pada semester genap tahun pelajaran 2016/2017.
Kata Kunci: Kreativitas anak, menempel pola, teknik kolase
|