ABSTRAK
Marlina G2G1 16 069: Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Gaya Belajar Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X SMA Negeri di Poleang. Dibimbing oleh H. Syahri Nehru Husain sebagai pembimbing I dan Muliha Halim sebagai pembimbing II. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis: 1) Kecerdasan emosional terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas X SMA Negeri di Poleang, 2) Gaya belajar terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas X SMA Negeri di Poleang, dan 3) kecerdasan emosional dan gaya belajar secara simultan berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa.
Jumlah populasi 660 orang siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah 87 orang siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen berdasarkan teori-teori yang dibangun para ahli dan dikembangkan sendiri oleh peneliti dengan terlebih dahulu diuji coba kepada 87 orang siswa secara empirik untuk mengetahui validitas dan reliabilitas, teknik analisis data adalah: (1) uji persyaratan analisis yaitu uji normalitas, uji linearitas, (2) uji hipotesis yaitu analisis jalur.
Temuan dalam penelitian ini adalah: (1) Kecerdasan emosional berpengaruh positif dan signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis ditunjukan dengan koefisien korelasi 0,273>0,05, (2) Gaya belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis ditunjukan dengan koefisien korelasi 0,439>0,05, dan (3) Kecerdasan emosional dan gaya belajar secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis siswa ditunjukan dengan koefisien korelasi 0,658>0,05.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh kecerdasan emosional dan gaya belajar terhadap kemampuan berpikir kritis siswa.
Kata kunci: kecerdasan emosional, gaya belajar, berpikir kritis.
|