ABSTRAK
JUMRIANA JAFAR. Pengaruh Kecerdasan Emosional terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII MTs Swasta Nurul Yaqin Dawi-dawi. Dibimbing oleh BAHARUDDIN dan AGUSRAWATI.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional terhadap hasil belajar matematika. Objek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Swasta Nurul Yaqin Dawi-dawi sebanyak 57 responden. Penelitian ini menggunakan satu variabel yang diduga mempunyai pengaruh terhadap kecerdasan emosional siswa dengan menggunakan model regresi linear sederhana. Variabel yang digunakan adalah hasil belajar matematika (X) dan kecerdasan emosional (Y). Hasil penelitian menunjukan kecerdasan emosional berpengaruh terhadap hasil belajar matematika. Diperoleh nilai R2sebesar 0,388 berarti sebesar 38,8 % kecerdasan emosional memberi pengaruh terhadap hasil belajar matematika dan sebesar 61,2% dipengaruh oleh faktor lain yang belum dimasukan dalam model seperti faktor kecerdasan intelektual,kecerdasan spiritual, pengaruh lingkungan serta pergaulan, dan lain-lain.
Kata Kunci : regresi sederhana, kecerdasan emosional, hasil belajar matematika
|