Pilih Bahasa  
Book's Detail
Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Pokok Bahasan Lingkaran Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Kelas VIII1 SMP Negeri 11 Kendari

ABSTRAK
Asridawati (A1C1 13 078). “Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pokok Bahasan Lingkaran Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Siswa Kelas VIII1 SMP Negeri 11 Kendari”. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw siswa kelas VIII1 SMP Negeri 11 Kendari. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini terdiri dari 2 siklus, setiap siklusnya terdiri dari: (a) Perencanaan, (b) Pelaksanaan Tindakan, (c) Observasi dan Evaluasi, dan (d) Refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII1 dengan jumlah 28 orang yang terdiri dari 10 laki-laki dan 18 perempuan. Sumber data penelitian ini adalah siswa dan guru matematika. Indikator keberhasilan yaitu: (1) Dari segi proses tindakan dikategorikan berhasil jika ≥ 90 % proses pelaksanaan tindakan telah sesuai dengan skenario pembelajaran, (2) Dari segi hasil minimal 85 % siswa telah mencapai ketuntasan belajar secara klasikal dengan memperoleh nilai ≥ 70. Hasil penelitian ini adalah: (1) Keterlaksanaan skenario yang dilakukan oleh guru mengalami peningkatan dari siklus I sebesar 76,19 % mengalami peningkatan pada siklus II sebesar 95,23 %. (2) Aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan yaitu pada siklus I sebesar 66,67 % mengalami peningkatan pada siklus II sebesar 90,47 %. (3) Persentase ketuntasan hasil belajar siswa meningkat, yaitu pada siklus I jumlah siswa yang mencapai ketuntasan belajar secara individu sebanyak 15 orang dari 28 orang siswa dengan persentase ketuntasan belajar secara klasikal 53,57% dan mengalami peningkatan pada siklus II dengan jumlah siswa yang mencapai ketuntasan belajar secara individu meningkat menjadi 24 orang dari 28 orang siswa dengan ketuntasan secara klasikal yang dicapai sebesar 85,71%. Berdasarkan hasil penelitian yang dikemukakan di atas, maka dapat disimpulkan bahwa hasil belajar matematika siswa kelas VIII1 SMP Negeri 11 Kendari dapat ditingkatakan melalui model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw.

Kata Kunci : Model Pembelajaran Kooperatif Jigsaw, Hasil Belajar Matematika.

Pernyataan Tanggungjawab
Pengarang Asridawati - Personal Name
Edisi
No. Panggil
ISBN/ISSN
Subyek Pend.Matematika
Klasifikasi
Judul Seri
GMD Text
Bahasa Indonesia
Penerbit FKIP/Pend.Matematika
Tahun Terbit 2018
Tempat Terbit UHO KENDARI
Deskripsi Fisik xiii,75 hal,;28 cm
Info Detil Spesifik
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Ketersediaan
LOADING LIST...