ABSTRAK
Winda Wahyuni, (A1B314063). “Penerapan Model Pembelajaran Discovery dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Kelas VB SD Negeri 07 Poasia”. Skripsi Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Halu Oleo. Pembimbing : (1) Drs. Ahid Hidayat, M.Hum., dan (2) Mansyur M., S.Pd., M.Pd.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan membaca pemahaman siswa. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru kelas VB SD Negeri 07 Poasia bahwa keterampilan membaca pemahaman siswa masih rendah. Hal ini dikarenakan kurangnya motivasi siswa untuk membaca. Salah satu penyebabnya yaitu karena kurangnya kebiasaan/minat membaca dan karena ada si pemberi informasi yaitu guru. Skor perolehan keterampilan membaca pemahaman siswa kelas VB SD Negeri 07 Poasia, yaitu dari 22 siswa, hanya 9 (40,9%) siswa yang memperoleh skor ≥ 75 sesuai kriteria ketuntasan minimal (KKM) sekolah. Berdasarkan uraian singkat permasalahan tersebut, maka rumusan masalah dalam penelitian ini, yaitu : 1) apakah penerapan model pembelajaran discovery dapat meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa kelas VB SD Negeri 07 Poasia, 2) bagaimana peningkatan kualitas proses pembelajaran keterampilan membaca pemahaman dengan menerapkan model pembelajaran discovery. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk: 1) meningkatkan keterampilan membaca pemahaman membaca pemahaman siswa kelas VB SD Negeri 07 dengan menerapkan model pembelajaran discovery, 2) meningkatkan kualitas proses pembelajaran keterampilan membaca pemahaman dengan menerapkan model pembelajaran discovery.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklusnya terdiri dari beberapa tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, evaluasi hasil belajar, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VB SD Negeri 07 Poasia yang berjumlah 23 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes dan observasi, dengan instrumen berupa soal tes dan lembar observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik deskriptif kuantitatif dan teknik deskripstif kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran discovery dapat meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa ditunjukkan dengan meningkatnya persentase rata-rata nilai siswa, pada tindakan siklus I sebesar 72.17% dengan jumlah siswa yang mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM) ≥ 75 sebesar 65.22% (15 dari 23 siswa), dan siklus II sebesar 78.08% dengan jumlah siswa yang mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM) ≥ 75 sebesar 82.61% (19 dari 23 siswa). Selain itu, peningkatan kualitas proses pembelajaran ditunjukkan dengan persentase perolehan aktivitas mengajar guru pada siklus I mencapai 65.38% kemudian meningkat pada siklus II menjadi 98.07%. Persentase perolehan aktivitas belajar siswa pada siklus I mencapai 50% kemudian meningkat pada siklus II menjadi 86.54%. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran discovery dapat meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa kelas VB SDNegeri 07 Poasia.
Kata kunci : Penerapan Model Pembelajaran Discovery, Keterampilan Membaca Pemahaman
|