Pilih Bahasa  
Book's Detail
Penerapan Metode Pembelajaran Tugas Terstruktur Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Geografi Siswa Pada Kelas XI IPS3 SMA Negeri 3 Kendari

ABSTRAK
Wa Ode Rahma (2017), telah melakukan penelitian dengan judul “Penerpan Metode Pembelajaran Tugas Terstruktur untuk Meningkatkan Hasil Belajar Geografi Siswa Kelas XI IPS3 SMA Negeri 3 Kendari pada Materi Pokok Dinamika Penduduk”. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) Apakah Penerapan Metode Pembelajaran Tugas Terstruktur Dapat Meningkatkan Aktivitas Belajar Geografi Siswa Kelas XI IPS3 SMA Negeri 3 Kendari?, 2) Apakah Penerapan Metode Pembelajaran Tugas Terstruktur Dapat Meningkatkan Efektivitas Mengajar Guru Geografi Siswa Kelas XI IPS3 SMA Negeri 3 Kendari?, 3) Apakah Penerapan Metode Pembelajaran Tugas Terstruktur Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Geografi Siswa Kelas XI IPS3 SMA Negeri 3 Kendari?. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendapatkan data dan gambaran tentang: 1) Aktivitas Belajar siswa dengan menerapkan metode belajar tugas terstruktur kelas XI IPS3 SMA Negeri 3 Kendari dengan materi pokok dinamika penduduk, 2) Efektivitas Belajar siswa dengan menerapkan metode belajar tugas terstruktur kelas XI IPS3 SMA Negeri 3 Kendari dengan materi pokok dinamika penduduk, 3) Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar geografi siswa kelas XI IPS3 SMA Negeri 3 Kendari melalui penerapan metode belajar tugas terstruktur pada materi pokok dinamika penduduk. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS3 SMA Negeri 3 Kendari yang terdaftar pada semester ganjil Tahun Ajaran 2016/2017 dengan jumlah siswa sebanyak 27 orang, yang terdiri 14 orang siswa laki – laki dan 13 orang siswa perempuan. Perbaikan Tindakan Kelas ini mengikuti prosedur penelitian tindakan kelas sebagai berikut: 1) perencanaan; 2) perbaikan tindakan dan observasi; 3) evaluasi; 4) refleksi. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Data dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan data kuantitatif yang diperoleh dari lembar observasi dan tes hasil belajar. Berdasarkan analisis data diperoleh kesimpulan bahwa: 1) Aktivitas siswa dengan penerapan metode pembelajaran tugas terstruktur pada setiap siklus ditunjukan dengan skor rata – rata aktivitas siwa pada siklus I sebesar 2,7 yang termasuk pada kategori cukup meningkat pada siklus II menjadi 3,5 yang termasuk pada kategori baik; 2) Aktivias mengajar guru dengan menerapkan metode pembelajaran tugas terstruktur, ditunjukan dengan skor rata – rata pada setiap siklus, dimana pada siklus I skor rata – rata aktivitas guru adalah 2,44 yang termasuk kategori cukup dan meningkat pada siklus II menjadi 3,55 yang berkategori baik; 3) Terjadi peningkatan hasil belajar siswa kelas XI IPS3 SMA Negeri 3 Kendari dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I dari 27 orang siswa hanya 15 orang siswa yang tuntas dengan presentase 56% dengan nilai rata – rata 67. Pada siklus II mengalami peningkatan yaitu dari 27 orang siswa ada 22 orang siswa yang tuntas dengan ketuntasan 81% dengan nilai rata – rata 74,7.
Kata Kunci: Metode Pembelajaran, Tugas Terstruktur, dan Hasil Belajar

Pernyataan Tanggungjawab
Pengarang Wa Ode Rahma - Personal Name
Edisi
No. Panggil
ISBN/ISSN
Subyek Pend.Geografi
Klasifikasi
Judul Seri
GMD Text
Bahasa Indonesia
Penerbit FKIP/Pend.Geografi
Tahun Terbit 2017
Tempat Terbit UHO KENDARI
Deskripsi Fisik xv,63 hal,;28 cm
Info Detil Spesifik
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Ketersediaan
LOADING LIST...