Pilih Bahasa  
Book's Detail
Penerapan Penilaian Autentik Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Pada SMAN 1 Sawerigadi

ABSTRAK

Penelitian ini difokuskan pada penerapan penilaian autentik dalam pembelajaran Bahasa Indonesia pada SMAN 1 Sawerigadi. Permasalahan pokok penelitian ini yaitu: (1) bagaimanakahpenerapan penilaian autentik dalam pembelajaran bahasa Indoensia pada SMAN 1 Sawerigadi?; (2) bagaimanakah kelebihandan kekurangan penerapan penilaian autentik dalam pembelajaran bahasa Indoensia pada SMAN 1 Sawerigadi?; dan (3) bagaimanakah pengaruh penerapan penilaian autentik terhadap perkembangan prestasi siswa SMAN 1 Sawerigadi?. Tujuan utama penelitian ini yaitu: (1) untuk mendeskripsikanpenerapan penilaian autentik dalam pembelajaran bahasa Indoensia pada SMAN 1 Sawerigadi; (2) untuk mendeskripsikan kelebihandan kekurangan penerapan penilaian autentik dalam pembelajaran bahasa Indoensia pada SMAN 1 Sawerigadi; dan (3) untuk mndeskripsikan pengaruh penerapan penilaian autentik terhadap perkembangan prestasi siswa SMAN 1 Sawerigadi.
Desain penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas X dan XI SMAN 1 Sawerigadi. Data penelitian dikumpulkan melalui teknik pengamatan, wawancara, dan pemberian kuesioner. Penelitian ini menggunakan analisisreduksi data, penyajian data, serta verifikasi dan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) penerapanpenilaian autentik dalampembelajaranbahasa IndonesiakelasX SMANegeri1Sawerigaditelahberjalansesuai yang diharapkan; (2)penilaian autentik tidak hanya bermamfaat bagi guru namun juga bagi para siswa dan pihak sekolah, para guru merasa dapat dengan mudah mengembangkan seluruh kompetensi siswa melalui penerapan penilaian autentik; (3) penilaian autentik juga membantu meningkatkan motivasi, keaktivan, dan disiplin siswa dalam pembelajaran; (4)nilaiulanganhariandiperolehbahwa nilaiBahasa Indonesia siswa mengalami perkembangan dari sebelum adanya penilaian autentik sampai adanya penilaian autentik; dan (5) faktor-faktor yang mempengaruhi penilaian autentik dapat berupa faktor guru, siswa, dan lingkungan/sekolah.

Kata Kunci: penilaian autentik, deskriptif kuantitatif, kualitatif

Pernyataan Tanggungjawab
Pengarang La Tamburu - Personal Name
Edisi
No. Panggil
ISBN/ISSN
Subyek Pend.Bahasa dan Sastra In
Klasifikasi
Judul Seri
GMD Text
Bahasa Indonesia
Penerbit PASCASARJANA/Pendidkan Bahasa dan Sastra Indonesia
Tahun Terbit 2015
Tempat Terbit UHO KENDARI
Deskripsi Fisik ix,83 hal,;28 cm
Info Detil Spesifik
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Ketersediaan
LOADING LIST...