Pilih Bahasa  
Book's Detail
Penerapan Model Pembelajaran Siklus Belajar (Learning Cycle )5e Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ipa Materi Pokok Sifat- Sifat Cahaya Di Kelas VA SD Negeri 11 Poasia

ABSTRAK
Ita Trisna Wati, 2015. “Penerapan Model Pembelajaran Siklus Belajar ( learning cycle )5E Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pokok Sifat – Sifat Cahaya Di Kelas VA SD Negeri 11 Poasia ”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan/Program Studi PGSD, FKIP Universitas Haluoleo. Pembimbing: (1) Dra. Dorce. B. Pabunga, M.Pd,, dan (2) Drs . H. Amiruddin., B. M.Kes.

Rumusan masaah daam peneitian ini adalah apakah melalui penerapan model pembelajaran Learning Cycle 5E dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pokok sifat sifat cahaya di kelas VA SD Negeri 11 Poasia?
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar pada materi pokok sifat-sifat cahaya melalui penerapan model Learning Cycle 5E.
Manfaaat penelitian ini yaitu; pada siswa dapat membuat tertarik, antusias, dan termotivasi untuk belajar, pada guru untuk memperbaiki proses pembelajaran, dan pada sekolah untuk memperbaiki citra sekolah di masyarakat dan pemerintah.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas VA yang terdaftar pada semester genap tahun ajaran 2014/2015 dengan jumlah siswa 31 orang yang terdiri dari 14 orang laki-laki dan 17 orang perempuan. Penelitian ini dilaksanakan mulai tanggal 20 Januari 2015 s/d 10 Februari 2015.
Faktor yang diteliti yaitu, pada siswa untuk melihat kemampuan siswa dalam mempelajari mata peajaran IPA ,dan pada guru untuk mempersiapkan teknik dalam menerapakan model pembeajaran Learning Cycle 5E.
Pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini terdiri dari 2 (dua) siklus yaitu siklus I dan Siklus II. Pada siklus I dilaksanakan dua kali pertemuan dan sikus II dilaksanakan dua kali pertemuan. Adapun prosedur dalam penelitian ini adalah: 1) Perencanaan, 2) Pelaksanaan Tindakan, 3) Observasi dan Evaluasi, dan 4) Refleksi. Jenis data yang diperoleh adalah data kualitatif berupa data proses pembelajaran dan data kuantitatif berupa data nilai hasil belajar siswa.
Teknik pengambilan data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan lembar observasi dan menggunakan tes hasil belajar siswa pada materi sifat-sifat cahaya.
Berdasarkan hasil analisis data tes hasil belajar , dari 31 orang diperoleh nilai rata- rata pada siklus I sebesar 68,97 dan pada siklus II sebesar 78,90. Siswa yang memperoleh skor ketuntasan di siklus I sebanyak 19 orang atau 61,29%, dan pada siklus II siswa yang memperoleh skor ketuntasan sebanyak 26 orang atau 83, 87%. Dari hasil tes peningkatan hasil belajar siklus I dan siklus II terjadi peningkatan sebayak 7 orang atau 22,58 %.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran siklus belajar Learning cycle 5E dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pokok sifat sifat cahaya .
Saran dari penelitian ini adalah agar guru menerapkan model pembelajaran Learning Cycle 5E karena dapat meningktakan hasil belajar siswa khususnya pada materi sifat- sifat cahaya.

Pernyataan Tanggungjawab
Pengarang Ita Trisna Wati - Personal Name
Edisi
No. Panggil
ISBN/ISSN
Subyek Pend.Guru Sekolah Dasar
Klasifikasi
Judul Seri
GMD Text
Bahasa Indonesia
Penerbit FKIP/PGSD
Tahun Terbit 2015
Tempat Terbit UHO KENDARI
Deskripsi Fisik xiv,73 hal,;28 cm
Info Detil Spesifik
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Ketersediaan
LOADING LIST...