Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh simultan dan pengaruh individual dari variabel kompetensi profesional dan pedagogik guru, kemampuan berpikir logis, minat, dan sikap pada pelajaran biologi terhadap prestasi belajar. Populasi penelitian ini adalah 536 siswa kelas XI Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri se kabupaten Kolaka Timur (Koltim) pada tahun ajaran 2017. Sampel penelitian sebanyak 268 siswa yang diambil secara proporsional random sampling berdasarkan akreditasi SMA. Jenis penelitian ini adalah penelitian expost facto. Data kompetensi guru diambil dari hasil ujian kompetensi guru (UKG) pada tahun 2015. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel kompetensi profesional guru, kompetensi pedagogik, kemampuan berpikir logis, dan minat belajar secara bersama sama berpengaruh signifikan pada sikap siswa pada pelajaran biologi. Secara individu, kompetensi profesional dan kompetensi pedagogik guru biologi tidak berpengaruh signifikan terhadap sikap siswa pada pelajaran biologi, sedangkan kemampuan berpikir logis dan minat belajar memberikan pengaruh signifikan. Variabel kompetensi profesional guru, kompetensi pedagogik guru, kemampuan berpikir logis, minat belajar, dan sikap pada pelajaran biologi secara bersama sama memberikan pengaruh yang signifikan pada prestasi belajar biologi. Kompetensi pedagogik guru dan minat belajar secara individual tidak berkontribusi secara signifikan pada prestasi belajar biologi, sedangkan variabel kompetensi profesional guru, kemampuan berpikir logis, dan sikap siswa pada pelajaran biologi berpengaruh signifikan pada prestasi belajar. Berdasarkan nilai koefisien jalur, kemampuan berpikir logis merupakan variabel yang paling berkonstribusi pada prestasi belajar siswa.
Kata Kunci: Kompetensi Guru, kemampuan Berpikir Logis, Minat, Sikap pada pelejaran, Prestasi belajar biologi,
|