ABSTRAK
Sejak tahun 2013/2014 – 2015/2016 nilai Ujian Nasional SMP Negeri di Kota Baubau mengalami penurunan, namun pada tahun 2016/2017 mengalami kenaikan yang tidak signifikan dan masih berada dalam kategori kurang. Tujuan penelitina ini untuk mengetahui pengaruh kecemasan matematika, kemandirian belajar dan Adversity Quotient terhadap motivasi berprestasi dan prestasi belajara matematika siswa SMP Negeri se-Kota Baubau. Penelitian ini menggunakan metode penelitan ex post facto dengan menggunakan analisis jalur (Path Analysis). Populasi yang digunakan merupakan siswa SMP Negeri se-Kota Baubau, dengan mengambil sampel di 6 sekolah dengan akreditasi yang berbeda. Dengan teknik pengambilan sampel Probability Random Sampling, diperoleh sampel sebanyak390 siswa. Instrumen penelitian ini berupa angket skala Likert untuk mengukut kecemasan matematika, kemandirian belajar, Adversity Quotient dan motivasi berprestasi. Sedangkan untuk prestasi belajar matematika siswa diambil dari nilai rapor siswa pada semester ganjil tahun ajaran 2017/2018. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif dan inferensial. Analisis deskriptif dilakukan untuk melihat gambaran umum siswa. Sedangkan inferensial berupa analisis korelasi dan regresi. Berdasarkan hasill penelitian menunjukan kecemasan matematika, kemandirian belajar danAdversity Quotientmemiliki pengaruh langsung dan tidak langsung terhadap prestasi belajar matematika melalui motivasi berprestasisiswa SMP Negeri se-Kota Baubau.
Kata Kunci: kecemasan matematika, kemandirian belajr, Adversity Quotient, motivasi berprestasi dan prestasi belajar matematika siswa
|