Pilih Bahasa  
Book's Detail
Meningkatkan Hasil Belajar Sejarah Dengan Menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Permainan Kartu Domino Pada Siswa Kelasxi Ips4 SMA Negeri Ikabawo

ABSTRAK

Fajarudin Munando (A1A2 13 007) “Meningkatkan Hasil Belajar Sejarah Dengan Menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Permainan Kartu Domino Pada Siswa Kelas XI IPS4 SMA Negeri I Kabawo”. Dibimbing oleh : Prof. Dr. H. Anwar, M.Pd. Sebagai pembimbing I dan Pendais Hak, S.Ag, M.Pd selaku pembimbing II.
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaram sejarah di kelas XI IPS4 SMA Negri I Kabawo Kabupaten Muna. 2)Untuk meningkatkan keefektivitas mengajar guru pada mata pelajaran sejarah pada siswa kelas XI IPS4 SMA Negri I Kabawo Kabupaten Muna. 3) Untuk meningkatkan hasil belajara siswa pada mata pelajaran sejarah pada siswa kelas XI IPS4 SMA Negri I Kabawo Kabupaten Muna..
Penelitian ini termasuk penelitian tidakan kelas (PTK) yang dilakukan dengan prosedur pelaksanaannya beberapa tahap, yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, serta refleksi.Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan memberikan tes tertulis dalam bentuk uraian pada tiap akhir siklus pembelajaran.Sesudah itu juga dengan dilakukan pengamatan terhadap efektivitas mengajar guru dan aktivitas belajar siswa.Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistic sederhanan yaitu analisis deksripsi untuk mencari rata-rata persentase.Teknik analisis ini digunakan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa sesudah melakukan kegiatan pembelajaran dengan meenerapan model pembelajaran kooperatif tipe permainan kartu domino.
Hasil penelitian ini menujukan bahwa: 1) persentase pelaksanaan efektifitas mengajar guru berdasarkan skenario penelitian yang dilaksanakan mengalami peningkatan setiap siklusnya. Persentase yang diperoleh pada siklus I sebesar 72,73% pada siklus II meningkatan mencapai 90,01%. 2) Aktivitas belajar siswa dengan menerapan model pembelajaran koopereatif tipe permainan kartu domino sudah menujukan peningkatan efektif. Perensentase yang diperoleh yaitu pada siklus I sebesr 25% dan pada siklus II mencapai persentase 90%. 3) Hasil belajar siswa meningkat dengan model pembelajaran kooperatif tipe permainan kartu domino dengan pesentase ketuntasan 89%. Dengan hasil tes siklus I yaitu sebesar 55,22% dengan nilai rat-rata 73. Pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 86,96% dengan nilai rata-rata 82 dengan demikian penelitian tindakan kelas ini telah berhasil.

Pernyataan Tanggungjawab
Pengarang Fajaruddin Munando - Personal Name
Edisi
No. Panggil
ISBN/ISSN
Subyek Pend.Sejarah
Klasifikasi
Judul Seri
GMD Text
Bahasa Indonesia
Penerbit FKIP/Pend.Sejarah
Tahun Terbit 2019
Tempat Terbit UHO KENDARI
Deskripsi Fisik x,38 hal,;28 cm
Info Detil Spesifik
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Ketersediaan
LOADING LIST...