ABSTRAK
Ariyana. G2G1 16 154. Hubungan Motivasi Kerja dan Lingkungan Kerja Guru dengan Kinerja guru SD Negeri di Wilayah Poasia Kota Kendari (Dibimbing oleh Jafar Ahiri, dan Ramly)
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menjelaskan hubungan: (1) motivasi kerja dengan kinerja guru SD Negeri di Wilayah Poasia Kota Kendari, (2) lingkungan kerja guru dengan kinerja guru SD Negeri di Wilayah Poasia Kota Kendari (3) motivasi kerja dan lingkungan kerja guru secara bersama-sama dengan kinerja guru SD Negeri di Wilayah Poasia Kota Kendari.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei dengan pendekatan korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru SD Negeri di Wilayah Poasia Kota Kendari yang berjumlah 280 orang. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 74 orang guru yang diambil secara acak sederhana. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen yang dikembangkan sendiri oleh peneliti dan setelah diuji coba secara emprik maka semua butir instrument dinyatakan valid dan dengan tingkat reliabilitas 0,881 sampai 0,889.
Penelitian ini menemukan bahwa: (1) terdapat hubungan positif dan signifikan motivasi kerja dengan kinerja guru SD Negeri di Wilayah Poasia Kota Kendari seperti ditunjukkan oleh koefisien korelasi (ry1) = 0,675 dan koefisien determinasi (r2) sebesar 0,455; (2) terdapat hubungan positif dan signifikan lingkungan kerja guru dengan kinerja guru SD Negeri di Wilayah Poasia Raya Kota Kendari seperti ditunjukkan oleh koefisien korelasi (ry2) =0,576 dan koefisien determinasi (r2) sebesar 0,332 dan (3) terdapat hubungan positif dan signifikan antara motivasi kerja dan lingkungan kerja guru secara bersama-sama dengan kinerja guru SD Negeri di Wilayah Poasia Kota Kendari seperti ditunjukkan oleh koefisien korelasi ganda (Ry12) = 0,720 dan koefisien determinasi (R2) sebesar 0,518.
Dari temuan penelitian ini, disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan motivasi kerja dan lingkungan kerja guru dengan kinerja guru SD Negeri di Wilayah Poasia Kota Kendari baik secara sendiri-sendiri maupun secara bersama-sama.
Kata kunci: Motivasi Kerja, Lingkungan Kerja Guru, dan Kinerja Guru
|