ABSTRAK
Sastrawati Dewi Irawan, 2015. ”Meningkatkan Kemampuan Membaca Puisi melalui Metode Demonstrasi Siswa Kelas III SD Negeri 1 Lalingato Kabupaten Kolaka Timur”. Hasil Penelitian Jurusan/Program Studi Pendidikan Guru Sekolah. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Halu oleo. Pembimbing (1). Drs. La Rabani, S.Pd., M.Pd., (2) Mansyur M. S.Pd., M.Pd.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah, ” Apakah penerapan penggunaan metode demonstrasi dapat meningkatkan kemampuan membaca puisi siswa kelas III SD Negari 1 Lalingato Kabupaten Kolaka Timur?” Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan membaca puisi siswa kelas III SD Negari 1 Lalingato melalui melalui Metode Demonstrasi.
Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan pada bulan Mei 2015 pada semester genap tahun pelajaran 2014/2015 bertempat di SDN 1 Lalingato. Jumlah Siswa sebanyak 14 orang, masing-masing terdiri dari 9 orang siswa perempuan dan 5 orang siswa laki-laki. Sumber data Penelitian ini adalah guru dan siswa kelas III SD Negari 1 Lalingato Kabupaten Kolaka Timur. Data penelitian ini adalah data kualitatif dan data kuantitatif yang dijabarkan sebagai berikut. Data kualitatif berupa aktivitas siswa dan guru dalam proses pembelajaran. Data kuantitatif berupa hasil belajar siswa. Data dikumpulkan melalui observasi dan tes. Data penelitian ini dianalisis secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan membaca puisi secara klasikal pada siklus I sebesar 64%. Sedangka Siklus II secara klasikal mengalami peningkatan sebesar 79%, dengan nilai rata-rata 72. Sedangkan aktivitas mengajar guru siklus I pertemuan pertema memperoleh nilai sebesar 61,53% dan pertemuan kedua memperoleh nilai sebesar 69%. dengan nilai persentase rata-rata 65%. Sedangkan siklus II pertemuan kedua aktivitas guru ketuntasan sebesar 77% dan pertemuan kedua sebesar 92%, diperoleh nilai persentase rata-rata 85%. Dan aktivitas belajar siswa dalam pelaksanaan pembelajaran, diperoleh pada siklus I pertemuan pertama sebesar 56%. Selanjutnya pada pertemuan kedua memperoleh nilai sebesar 69,23%, dengan nilai persentase rata-rata 63%. Sedangkan Siklus II pertemuan pertama sebesar 85%, dan pertemuan kedua memperoleh nilai 92,31%, dengan nilai persentase rata-rata 89%.
Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa penerapan metode demonstrasi dapat meningkatkan kemampuan membaca puisi siswa Kelas III SD Negari 1 Lalingato Kabupaten Kolaka Timur.
|