Pilih Bahasa  
Book's Detail
Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Melalui Pendekatan Open Ended Pada Siswa Kelas V SD Negeri 26 Kendari

ABSTRAK
TIRNAWATI. (A1G115055), ”Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Melalui Pendekatan Open Ended Pada Siswa Kelas V SD Negeri 26 Kendari”. Hasil Penelitian. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Halu Oleo. Pembimbing (1) Dr. Nana Sumarna, S.Pd., M.Kes. dan (2) Dr. La Ili, S.Pd., M.Pd.

Penelitian ini bertujuan mengetahui gambaran kemampuan berpikir kreatif matematis siswa melalui pendekatan open ended pada siswa kelas V SD Negeri 26 Kendari. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah 33 orang peserta didik yang saat ini berada di kelas V SDN 26 Kendari. Namun, peserta didik yang dapat mengikuti tes sebanyak 27 orang. Teknik pengumpulan data melalui observasi, tes, wawancara dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa kemampuan berpikir kreatif matematis siswa dalam bentuk soal uraian sebanyak 6 butir soal. Teknik analisis data yang digunakan dilakukan secara deskriptif presentase serta pada instrumen tes yang diberikan. Analisis data dalam penelitian ini terdiri atas tiga alur kegiatan yang terjadi secara bersamaan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa gambaran kemampuan berpikir kreatif matematis siswa melalui pendekatan open ended pada siswa kelas V SD Negeri 26 Kendari kategori kurang kreatif. kemampuan berpikir kreatif siswa berdasarkan tingkat kefasihan (fluency) diketahiui bahwa kategori tidak kreatif 25,9% dan kurang kreatif 74,1%. kemampuan berpikir kreatif siswa berdasarkan tingkat fleksibilitas (flexibility) untuk kategori tidak kreatif 22,2% dan kurang kreatif 77,8%. kemampuan berpikir kreatif siswa berdasarkan tingkat kebaharuan (originallity) untuk kategori tidak kreatif 40,7% dan kurang kreatif 59,3%.

Kata kunci : Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis siswa, Pendekatan Open Ended

Pernyataan Tanggungjawab
Pengarang Tirnawati - Personal Name
Edisi
No. Panggil
ISBN/ISSN
Subyek Pend.Guru Sekolah Dasar
Klasifikasi
Judul Seri
GMD Text
Bahasa Indonesia
Penerbit FKIP/PGSD
Tahun Terbit 2019
Tempat Terbit UHO KENDARI
Deskripsi Fisik xiii,54 hal,;28 cm
Info Detil Spesifik
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Ketersediaan
LOADING LIST...