ABSTRAK
Sri Samsulfia. (A1B3 13 123).”Penerapan Model Pembelajaran QuantumTeaching Tipe Tandur Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Puisi Pada Siswa Kelas V-A SD Negeri 04 Poasia”.Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Halu Oleo. Pembimbing: (1) Drs. La Rabani, S.Pd., M.Pd, (2) Drs. Ahid Hidayat, M.Hum.
Rumusan masalah pada penelitian ini adalah,”Apakah melalui penerapan model pembelajaran quantum teaching tipe tandur dapat meningkatkan keterampilan menulis puisi pada siswa kelas V-a SD Negeri 04 Poasia”?Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilanmenulispuisi siswa melalui penerapan model pembelajaran quantum teaching tipe tandur di kelasV-a SD Negeri04 Poasia.
Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2017/2018 dengan jumlah siswa21orang.Penelitianini berlangsungdalamduasiklus melalui3tahapan yaitu: perencanaan,tindakandanobservasi,dan refleksi.Setiap siklus terdiri atas dua kali pertemuan dengan pokok bahasan menulis puisi.Sumber data penelitian ini adalah guru dan siswa.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada tindakan siklus I keterampilan menulis puisi siswa mencapai ketuntasan klasikal sebanyak 63,16% dengan nilai rata-rata 69,78. Sedangkan pada siklus ke II keterampilan menulis puisi siswa mencapai ketuntasan klasikal sebanyak 85,71% dengan nilai rata-rata 80,09. Aktivitas mengajar guru siklus I rata-rata mencapai 85,93% dan pada siklus II menjadi 100%. Aktivitas siswa pada siklus I pertemuan pertama mencapai 55,56%, dan pertemuan kedua mencapai 62,41%. Pada siklus II pertemuan pertama mencapai 78,57%, dan pertemuan kedua mencapai 83,67%. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran quantum teaching tipe tandur dapat meningkatkan keterampilan menulis puisi siswa pada materi menulis puisi di kelas V-a SD Negeri 04 Poasia.
Katakunci: penerapan, quantum teaching tipe tandur, keterampilanmenulis puisi
|