Pilih Bahasa  
Book's Detail
Perbedaan Hasil Belajar Ips Siswa Kelas V Sd Negeri 01 Poasia Antara Siswa Yang Diajar Dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dan Yang Diajar Dengan Model Pembelajaran Langsung

ABSTRAK

Asnar G2G1 16 100, Perbedaan Hasil Belajar IPS Siswa V SD Negeri 01 Poasia antara Siswa yang diajar dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning dan yang diajar dengan Model Pembelajaran Langsung. Dibimbing oleh Ramly sebagai pembimbimg I, dan Darnawati, sebagai pembimbing II.
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menganalisis dan menjelaskan perbedaan antara: 1) hasil belajar kognitif siswa kelas V SD Negeri 01 Poasia yang diajar dengan model pembelajaran problem based learning dan yang diajar dengan model pembelajaran langsung, 2) hasil belajar afektif siswa kelas V SD Negeri 01 Poasia yang diajar dengan model pembelajaran problem based learning dan yang diajar dengan model pembelajaran langsung, 3) hasil belajar psikomotor siswa kelas V SD Negeri 01 Poasia yang diajar model pembelajaran problem based learning dan yang diajar dengan model pembelajaran langsung.
Penelitian ini adalah eksperimen Pos test only control group design. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas V SD Negeri 01 Poasia tahun pelajaran 2017/2018 yang berjumlah 137 orang sedangkan sampel adalah siswa kelas Va dan kelas Vc yang masing-masing berjumlah 26 orang siswa sehingga jumlah sampel 52 orang siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes hasil belajar dan angket untuk mengukur hasil belajar sikap dan psikomotor yang dikembangkan oleh peneliti bekerja sama dengan guru kelasl V dan sebelum digunakan untuk mengumpulkan data terlebih dahulu dilakukan diuji coba guna memastikan validitas dan reliabilitas instrument yang digunakan. Analisis data menggunakan uji t tidak berhubungan melalui program SPSS versi 16.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa:1) terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar kognitif siswa yang diajar dengan model pembelajaran problem based learning dan siswa yang diajar dengan model pembelajaran langsung seperti ditunjukkan oleh nilai signifikansi yang lebih kecil dari 0,05, 2) terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar afektif siswa yang diajar dengan model pembelajaran problem based learning dan siswa yang diajar dengan model pembelajaran langsung seperti ditunjukkan oleh nilai signifikansi yang lebih kecil dari 0,05, dan 3) terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar psikomotor siswa yang diajar dengan model problem based learning dan siswa yang diajar dengan model pembelajaran langsung seperti ditunjukkan oleh nilai signifikansi yang lebih kecil dari 0,05.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran problem based learning dan yang diajar dengan model pendekatan pembelajaran langsung.
Kata Kunci: Model Pembelajaran problem based learning, Model pembelajaran langsung, Hasil Belajar IPS.

Pernyataan Tanggungjawab
Pengarang Asnar - Personal Name
Edisi
No. Panggil
ISBN/ISSN
Subyek Pendidikan IPS Konsentrasi Pendidikan Dasar
Klasifikasi
Judul Seri
GMD Text
Bahasa Indonesia
Penerbit PASCA/Pendidikan IPS Konsentrasi Pendidikan Dasar
Tahun Terbit 2018
Tempat Terbit UHO KENDARI
Deskripsi Fisik xiii,132 hal,;28 cm
Info Detil Spesifik
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Ketersediaan
LOADING LIST...