Pilih Bahasa  
Book's Detail
Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Two Stay Two Stray Terhadap Hasil Belajar Pkn Siswa Kelas V SD Negeri 01 Poasia

ABSTRAK
Sitti Muninarsih. (A1B314049), “Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Two Stay Two Stray Terhadap Hasil Belajar PKn Siswa di Kelas V SDN 01 Poasia Kota Kendari”. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Universitas Halu Oleo. Pembimbing (1) Lisnawati Rusmin, S.Pd, M.Sc dan (2) Dra.Hj. Sakka Hasan, M.Pd.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Kooperative Two Stay Two Stray terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn di kelas V SDN 01 Poasia Kota Kendari.
Metode dalam penelitian menggunakan penelitian quasi experiment dengan desain nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SD Negeri 01 Poasia yang berjumlah 395 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu teknik nonprobability sampling. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 62 siswa yang terbagi ke dalam 2 kelas yakni siswa kelas VE yang berjumlah 31 siswa dan kelas VA yang berjumlah 31 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes, yakni dengan pemberian soal instrumen kepada sampel penelitian. Analisis data dilakukan dengan membandingkan rata-rata nilai hasil belajar siswa sebelum pembelajaran dan setelah pembelajaran dilakukan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Two Stay Two Stray berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn di Kelas V SDN 01 Poasia . Hasil tersebut didasarkan pada hasil tes yang dilakukan setelah pembelajaran yakni nilai kelompok eksperimen lebih tinggi daripada nilai kelompok kontrol. Rata-rata nilai posttest kelompok kontrol adalah 76.77, sedangkan rata-rata nilai posttest kelompok eksperimen adalah 83.54. Selain itu, peningkatan hasil belajar siswa pada kelompok eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelompok kontrol. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata nilai N-Gain kelompok kontrol sebesar 0.3716 dan rata-rata nilai N-Gain kelompok eksperimen sebesar 0.6006. Berdasarkan uji hipotesis dengan menggunakan uji non parametrik yakni uji Mann Whitney dengan taraf signifikansi 5%, diperoleh nilai sig. 0.000 < 0.05.


Kata kunci: pengaruh, model two stay two stray, hasil belajar, PKn

Pernyataan Tanggungjawab
Pengarang Sitti Muninarsih - Personal Name
Edisi
No. Panggil
ISBN/ISSN
Subyek Pend.Guru Sekolah Dasar
Klasifikasi
Judul Seri
GMD Text
Bahasa Indonesia
Penerbit FKIP/PGSD
Tahun Terbit 2018
Tempat Terbit UHO KENDARI
Deskripsi Fisik xiii,54 hal,;28 cm
Info Detil Spesifik
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Ketersediaan
LOADING LIST...