Pilih Bahasa  
Book's Detail
MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA TEKS MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL SISWA KELAS III SD NEGERI 1 SIMBUNE KABUPATEN KOLAKA TIMUR

ABSTRAK
Wabinasari, 2015. ”Meningkatkan Kemampuan Membaca Teks Melalui Pendekatan Kontekstual Siswa Kelas III SD Negeri 1 Simbune Kabupaten Kolaka Timur”. Skripsi pada Jurusan/Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Halu Oleo. Pembimbing (1). Drs. Ahid Hidayat, M.Hum., (2) Mansyur M. S.Pd., M.Pd.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah, ”Apakah kemampuan membaca teks siswa kelas III SDN 1 Simbune dapat ditingkatkan dengan menggunakan pendekatan kontekstual?” Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan membaca teks siswa kelas III SDN 1 Simbune Kabupaten Kolaka Timur melalui pendekatan kontekstual.
Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan pada bulan Januari 2015 pada semester genap tahun pelajaran 2014/2015 bertempat di SD Negeri 1 Simbune Kabupaten Kolaka Timur. Jumlah siswa sebanyak 17 orang, masing-masing terdiri dari 15 orang siswa perempuan dan 2 orang siswa laki-laki. Sumber data Penelitian ini adalah guru dan siswa kelas III SDN 1 Simbune Kabupaten Kolaka Timur. Data penelitian ini adalah data kualitatif dan data kuantitatif yang dijabarkan sebagai berikut. Data kualitatif berupa aktivitas siswa dan guru dalam proses pembelajaran. Data kuantitatif berupa hasil belajar siswa. Data dikumpulkan melalui observasi dan tes. Data penelitian ini dianalisis secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan membaca teks bacaan pada siklus I terdapat 12 siswa yang mengalami ketuntasan hasil belajar atau 59% dengan nilai rata-rata siswa 65,58 dan yang tidak mengalami ketuntasan 5 siswa atau 29,41% dengan nilai rata-rata 14,70. Sedangkan pada sisklus II mengalami ketuntasan hasil belajar sebanyak 15 atau 88,23% dengan nilai rata-rata 80,23 dan sebayak 2 siswa yang belum tuntas atau 12%, dengan nilai rata-rata 15. Sedangkan observasi aktivitas guru siklus I pertemuan pertama baru mencapai ketuntansan 72% dan pertemun ke dua telah mencapai 78%. Sedangkan siklus II pertemuan pertama ketuntasan aktivitas guru sebesar 83,33% dan ketuntasan aktivitas guru mengatar pembelajaran mencapai 100% pada siklus II. Dan observasi aktivitas Siswa Siklus I Pertemuan pertama baru mencapai 45% dan pertemuan kedua mencapai aktivitas ketuntasan belajar sebesar 64%. Sedangkan siklus II pertemuan pertama telah mencapai sebesar 73%, siklus II pertemuan kedua telah mencapai aktivitas belajar sebesar 90%
Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa penerapan pendekatan kontekstual dapat meningkatkan kemampuan membaca teks siswa Kelas III SD Negeri 1 Simbune Kabupaten Kolaka Timur”.

Pernyataan Tanggungjawab WABINASARI
Pengarang WABINASARI - Personal Name
Edisi
No. Panggil
ISBN/ISSN
Subyek Pendidikan
Klasifikasi
Judul Seri
GMD Text
Bahasa Indonesia
Penerbit FKIP/PGSD
Tahun Terbit 2015
Tempat Terbit UNIVERSITAS HALU OLEO/ KENDARI
Deskripsi Fisik xi, 62 hal,; 28 cm
Info Detil Spesifik
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Ketersediaan
LOADING LIST...