ABSTRAK
SITI SARINAH, (A1C3 14 030), ”Analisis Miskonsepsi tentang Kalor dan Perpindahannya bagi Siswa SMPN 2 Tiworo Selatan”. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan gambaran miskonsepsi,paham konsep, menebak dan tidak paham konsep yang terjadi pada siswa SMPN 2 Tiworo Selatan terkait materi kalor dan perpindahannya. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII dan VIII SMPN 2 Tiworo Selatan yang terdiri dari 6 kelas dengan jumlah siswa sebanyak 125 orang. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini berupa tes diagnostik dan wawancara. Tes yang digunakan adalah three-tier diagnostic test, untuk mengidentifikasi peserta didik yang paham konsep, miskonsepsi, menebak, dan tidak paham konsep. Wawancara dilakukan sebagai pendukung atau penguat hasil dari tes yang telah dilakukan. Instrument yang digunakan berupa soal three-tier diagnostic test yang berjumlah 17 nomor dan pedoman wawancara. Analisis data dilakukan secara kualitatif sehingga diperoleh persentase paham konsep, miskonsepsi, menebak, dan tidak paham konsep peserta didik. Berdasarkan alisis data yang diperoleh, menunjukkan bahwa persentase rata-rata paham konsep, miskonsepsi, menebak dan tidak paham konsep secara berturut-turut adalah 16,52%, 55,15%, 2,78%, dan 25,55%. Dimana yang menjadi penyebab tingginya persentase miskonsepsi adalah kurangnya minat siswa itu sendiri terhadap mata pelajaran IPA Fisika.
Kata kunci: Miskonsepsi, Kalor dan Perpindahannya.
|