ABSTRAK
NUR HAENI (A1D141038) telah melakukan penelitian yang berjudul Kemampuan Memahami Isi Teks Deskripsi Siswa Kelas VII MTs Karolembo Masalah penelitaian ini adalah Bagaimanakah Kemampuan memahami isi teks deskripsi siswa kelas VII MTs Karolembo? Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan memahami isi teks deskripsi siswa kelas VII MTs Karolembo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Penelitian ini tergolong dalam penelitian lapangan. Populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan siswa kelasVII MTs Karolembo tahun pelajaran 2017/2018 dengan jumlah siswa 33 orang dengan menggunakan teknik total sampling. Kemampuan siswa kelas VII MTs Karolembo dalam memahami isi teks deskripsi 27siswa (81,82%) berada pada kategori mampu dan 6 siswa (18,18%) berada pada kategori tidak mampu dari jumlah sampel 33 orang siswa. Hal ini dapat dikatakan rata-rata memahami isi teks deskrips isi siswa kelas VII MTs Karolembo tergolong dalam kategori tidak mampu secara klasikal karena siswa yang secara individual mencapai kemampuan minimal 70% hanya sebesar 81,82% tidak mencapai kriteria ketuntasan klasikal yaitu 85%. Dari ketiga aspek yang diukur aspek menyimpulkan isi teks deskripsi menduduki peringkat tertinggi yaitu sebesar 87,88%, diikuti aspek fakta 78,79% dan aspek ide menduduki peringkat terendah sebesar 54,55%.
Kata kunci : Kemampuan, Memahami Isi Teks Deskripsi
|