Pilih Bahasa  
Book's Detail
Studi Perbandingan Penerapan Pendekatan Saintifik Model Pembelajaran Discovery Dan Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD Negeri 5 Kendari

ABSTRAK

Yuliana Sari (G2G1 16 061), Studi Perbandingan Penerapan Pendekatan Saintifik Model Pembelajaran Discovery dan Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD Negeri 5 Kendari (Dibimbing oleh Nanik Hindaryatiningsih dan Hj. Aisyah Yusuf).
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar antara siswa yang dilakukan pendekatan saintifik model pembelajaran discovery dengan model pembelajaran inkuiri di Kelas IV SD Negeri 5 Kendari. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. seluruh siswa Sekolah Dasar Negeri kelas IV di SD Negeri 05 Kendari, yang berjumlah 60 siswa dan tersebar ke dalam 2 kelas paralel dan berjumlah 60 siswa. Oleh karena dalam penelitian membutuhkan dua kelas perlakuan maka keseluruhan kelas menjadi sampel penelitian. Dengan demikian sampel penelitian adalah sampel total. Teknik ini dilakukan dengan pertimbangan kedua kelas memiliki rata-rata kemampuan yang relatif sama yakni kelas IVa sebanyak 30 siswa dengan nilai rata-rata 69,30 dan kelas IVb sebanyak 30 siswa dengan nilai rata-rata 69,35. Kelas IVa sebagai kelas eksperimen yakni menggunakan model pembelajaran discovery sedangkan kelas IVb sebagai kelas kontrol yakni menggunakan model pembelajaran inkuiri. Variabel terikat yaitu hasil belajar siswa, variabel eksperimen yaitu model pembelajaran discovery dan variabel atribut yaitu model pembelajaran inkuiri. Berdasarkan hasil uji normalitas dan homogenitas diperoleh bahwa sampel normal dan homogen. Pengujian hipotesis menggunakan menggunkana uji T pada SPSS 16.
Temuan penelitian ini adalah terdapat perbedaan hasil belajar antara siswa yang dilakukan pendekatan saintifik model pembelajaran discovery dengan model pembelajaran inkuiri di Kelas IV SD Negeri 5 Kendari. Temuan ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran discovery lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran inkuiri.

Kata Kunci: Model Pembelajaran Discovery, Model Pembelajaran Inkuiri dan Hasil Belajar Siswa








ABSTRACT
Yuliana Sari (G2G1 16 061), Comparative Study of Implementation of Scientific Approach Learning Model of Discovery and Learning Model of Inquiry to Student Results of Grade IV of SD Negeri 5 Kendari (Guided by Nanik Hindaryatiningsih and Hj Aisyah Yusuf).
The purpose of this research is to know the difference of learning outcomes between students conducted scientific approach discovery learning model with inquiry learning model in Class IV SD Negeri 5 Kendari. This research is using experimental method. all the students of the fourth grade elementary school in SD Negeri 05 Kendari, which numbered 60 students and spread into 2 parallel classes and numbered 60 students. Because in the research requires two classes of treatment then the whole class becomes the sample of research. Thus the research sample is the total sample. This technique is done with the consideration of the two classes have the average of the same ability that is the same class IVa as many as 30 students with an average score of 69.30 and class IVb as many as 30 students with an average score of 69.35. Class IVa as experiment class that is using discovery learning model while class IVb as control class that is using inquiry model of learning. The dependent variable is student learning outcomes, experimental variable is discovery learning model and attribute variable that is inquiry learning model. Based on normality and homogeneity test results obtained that the sample is normal and homogeneous. Hypothesis testing using T test on SPSS 16.
The findings of this research is that there are differences in learning outcomes between students by using the scientific approach of learning discovery model with inquiry learning model in Grade IV of SD Negeri 5 Kendari. These findings indicate that student learning outcomes that are taught using discovery learning models are higher than student learning outcomes that are taught using inquiry learning models.

Keywords: Discovery Learning Model, Inquiry Learning Model and Student Learning Outcomes

Pernyataan Tanggungjawab
Pengarang Yuliana Sari - Personal Name
Edisi
No. Panggil
ISBN/ISSN
Subyek Pend.IPS
Klasifikasi
Judul Seri
GMD Text
Bahasa Indonesia
Penerbit PASCA/Pend.IPS Kons.Ekonomi
Tahun Terbit 2018
Tempat Terbit UHO KENDARI
Deskripsi Fisik xv,81 hal,;28 cm
Info Detil Spesifik
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Ketersediaan
LOADING LIST...