ABSTRAK
NINING SUHARNI (A1D1 14 106) Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan mengidentifikasi kekurangan teks biografi siswa kelas VIII MTs Karolembo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif. Jenis penelitian ini tergolong dalam penelitian lapangan. Adapun teknik pengambilan sampel dengan menggunakan total sampling yaitu sebanyak 37 orang siswa yang terdiri atas dua kelas. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes tertulis siswa mengidentifikasi kekurangan teks biografi. Untuk mengetahui kategori kemampuan mengidentifikasi kekurangan teks biografi mengacu pada standar ketuntasan belajar individual dan klasikal yang digunakan di MTs Karolembo. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 37 orang siswa kelas VIII yang menjadi sampel penelitian ini terdapat 26 orang siswa (70,28%) mampu dalam mengidentifikasi kekurangan teks biografi dan 11 orang siswa (29,72%) tidak mampu dalam mengidentifikasi kekurangan teks biografi. Hasil menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam mengidentifikasi kekurangan teks biografi yang secara individual mencapai kemampuan minimal 70% sebesar 70,28% dan belum mencapai persentase kemampuan minimal secara klasikal yang telah ditetapkan yaitu 85%. Tingkat kemampuan siswa kelas VIII MTs Karolembo berbeda-beda pada setiap aspek penilaian yaitu, kemampuan siswa pada aspek struktur teks memperoleh persentase sebesar 51,36% (tidak mampu), kemampuan pada aspek kata hubung memperoleh persentase sebesar 48,64% (tidak mampu), kemampuan pada aspek merujuk kata memperoleh persentase sebesar 86,49% (mampu), kemampuan pada aspek kata kerja memperoleh persentase sebesar 89,19% (mampu), dan kemampuan pada aspek waktu, aktivitas, dan tempat memperoleh persentase sebesar 24,32% (tidak mampu).
Kata kunci: kemampuan, mengidentifikasi, kekurangan, teks biografi
|