Pilih Bahasa  
Book's Detail
Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah, Kompetensi Guru Dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Kimia Siswa Di SMA/SMK Negeri Se-Kabupaten Kolaka

ABSTRAK

Irayanti, G2J1 16 007, 2018. “Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah, Kompetensi Guru dan Motivasi Belajar SiswaTerhadap Prestasi Belajar Kimia Siswa”

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Pengaruh Kepemimpinan kepala sekolah, kompetensi guru dan motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar kimia siswa di SMA/SMK Negeri Se-Kabupaten Kolaka. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 685 siswa SMA/SMK Negeri Se- Kabupaten Kolaka kelas X dan XI yang aktif pada tahun pelajaran 2017/2018. Ada empat masalah yang diangkat dalam penelitian ini yaitu (1) Seberapa besar pengaruh kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap prestasi belajar kimia siswa?, (2) Seberapa besar pengaruh kompetensi guru ( kompetensi professional guru) terhadap prestasi belajar kimia siswa? (3) Seberapa besar pengaruh motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar kimia siswa? (4) Seberapa besar secara bersama sama pengaruh kepemimpinan kepala sekolah Kompetensi guru dan motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar kimia siswa?. Penelitian inimenggunakan metode diskriptif dan pendekatan kwantitatif. Data diolah dengan menggunakan satistik SPSS Setelah diolah hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini seluruhnya diterima dan didukung oleh data empiric sehingga dapat ditafsirkan bahwa (1) Kepemimpinan Kepala Sekolah memiliki pengaruh yang signifikan yaitu 93,8 % terhadap prestasi belajar kimia. (2) Kompetensi guru memiliki pengaruh yang signifikan yaitu 35,6 % terhadap prestasi belajar kimia siswa. (3) motivasi belajar siswa memiliki pengaruh 92,8 % terhadap prestasi belajar kimia siswa. (4) Kepemimpinan Kepala Sekolah kompetensi guru dan motivasi belajar bersama-sama memiliki pengaruh yang kuat yaitu 95,1 % terhadap prestasi belajar kimia siswa 2017/2018. Rekomendasi diajukan kepada semua pihak untuk menindak lanjuti hasil penelitian ini, antara lain bagi penelitian lanjutan direkomendasikan untuk mengadakan penelitian dengan pendekatan dan metode yang berbeda. Di samping itu, dianjurkan untuk menindaklanjuti hasil-hasil penelitian ini dengan ruang lingkup dan sampel penelitian yang lebih luas.

Kata Kunci : pengaruh kepemimpinan kepala sekolah, kompetensi guru dan motivasi belajar terhadap siswa terhadap prestasi belajar kimia siswa.

Pernyataan Tanggungjawab
Pengarang Irayanti - Personal Name
Edisi
No. Panggil
ISBN/ISSN
Subyek pend.IPA
Klasifikasi
Judul Seri
GMD Text
Bahasa Indonesia
Penerbit PASCA/Pend.IPA
Tahun Terbit 2018
Tempat Terbit UHO KENDARI
Deskripsi Fisik xiv,67 hal,;28 cm
Info Detil Spesifik
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Ketersediaan
LOADING LIST...