ABSTRAK
Nur Hikmah Ramli, B1B1 15 165, Analisis Kinerja Organisasi Dalam Penanganan Kasus (Studi Pada Kantor Kejaksaan Negeri Kendari). Dibimbing oleh Nurwati dan Laode Bahana Adam.
Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran mengenai penerapan kinerja organisasi dan untuk mengetahui kinerja organisasi yang optimal di Kejaksaan Negeri Kendari.Informan pada penelitian ini berjumlah 4 (empat) informan dengan pertimbangan riset kualitatif dengan desain fenomenologi cenderung menggunakan jumlah informan yang kecil yaitu 10 informan atau kurang dari itu. Atau jika pengumpulan data dijumpai adanya pengulangan informasi. Teknik pengambil informan dalam penelitian kualitatif ini menggunakan total sampling. Untuk mengolah dan menganalisa hasil data penelitian yang telah terkumpul dari nara sumber terkait, analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Analysis Interactive Model dari Miles dan Huberman.
Berdasarkan hasil kinerja organisasi interpersonal: (a) Produktivitas sudah baik dengan dilakukan berbagai upaya agar mengalami peningkatan hasil dan mencapai tujuan (b) Kualitas Layanan sudah baik karena mereka berupaya untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat sesuai ketentuan kantor (c) Responsivitas pada bagian ini mereka berupaya untuk mengenali kebutuhan masyarakat dan memberikan gambaran hukum kepada masyarakat (d) Responsibilitas kegiatan pelaksanaan sudah berdasarkan ketentuan, peraturan administrasi dan SOP (e) Akuntabilitas dalam hal ini pencapaian kegiatan organisasi untuk pencapaian target penyelesaian kasus berupaya dalam pelayanan masyarakat di lakukan dengan ketentuan SOP dan Hirarki. Selanjutnya Kepala Kejaksaan Negeri Kendari dalam mengoptimalkan kinerja organisasi sudah baik seperti dengan melakukan berbagai upaya misalnya mengatasi masalah, mempersatukan tujuan organisasi, peningkatan pegawai atau dalam penanganan kasus perkara, penyelesain tugas pegawai, dan terakhir kinerja organisasi dapat berjalan lancar.
Selanjutnya saran dari peneliti yang dilakukan di Kantor Kejaksaan Negeri Kendari dimana dalam hendaknya selalu mampu memberikan kepercayaan kepada setiap pegawai untuk melakukan pekerjaan sesuai ketentuan dan tanggungjawab mereka agar pegawai yang lain dapat lebih termotivasi dalam mengerjakan tugas sesuai tugas yang diberikan tampa adanya kerja sama sehingga pegawai lain tidak merasa terbebani, fokus terhadap tugas yang sudah diberikan jadi proses kinerja organisasi dapat berjalan lancar dan pada sistem pelayanan lebih baik agar dilakukan perubahan pada sistem teknologi dimana di kembangkannya berbasis sistem online pada pelayanan publik, dan dalam produktivitas dilakukan evaluasi dan dalam mengoptimalkan kinerja pegawai.
Kata Kunci : Kinerja Organisasi
|