ABSTRAK
Siti Tati (2017) “ Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share (TPS) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar PKn Pada Materi Kebebasan Berorganisasi di Kelas V SD Negeri 5 Kendari”. Skripsi . Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Universitas Halu Oleo. Pembimbing: (1) Dra. Hj. Sakka Hasan. M.Pd dan (2) Lisnawati Rusmin, S.Pd,M.sc
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar PKn siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share (TPS) pada materi kebebasan berorganisasi kelas V SD Negeri 5 Kendari. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Setting Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap, tahun pelajaran 2016/2017 di kelas V SD Negeri 5 Kendari. Subyek penelitian ini adalah guru dan siswa di SD Negeri 5 Kendari, dimana siswanya berjumlah 24 orang yang terdiri dari 14 siswa laki laki dan 10 siswa perempuan. Faktor yang diteliti adalah guru dan siswa. Pelaksanaan tindakan mengikuti prosedur penelitian tindakan kelas sebanyak dua siklus, sebagai berikut; 1) perencanaan; 2) pelaksanaan tindakan dan observasi; 3) evaluasi; 4) refleksi. Jenis dan sumber data penelitian ini adalah data kalitatif dan data kantitatif. Data kualitatif diambil dengan menggunakan lembar observasi dan data kuantitatif diperoleh melalui tes siklus.
Berdasarkan analisis hasil peneltian dan pembahasan, hasil belajar siswa mengalami peningkatan sebagaimana pada tindakan siklus I ketuntasan hasil belajar siswa mencapai 62,5% dengan nilai rata rata 64,91. Sedangakan pada siklus II ketuntasan hasil belajar siswa mencapai 87,5% dengan nilai rata-rata 86,5%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share (TPS) dapat Meningkatkan Hasil Belajar PKn Pada Materi Kebebasan Berorganisasi di Kelas V SD Negeri 5 Kendari.
Kata Kunci : Model Think Pair Share, hasil belajar PKn siswa kelas V SD Negeri 5 Kendari
|