Pilih Bahasa  
Book's Detail
Hubungan Pemanfaatan Perpustakaan Dan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar IPS Siswa SD Negeri Di Kendari Barat

ABSTRAK

La Ode Muhamad Yusuf. G2G1 16 113. Hubungan Pemanfaatan Perpustakaan dan Motivasi Belajar Siswa Dengan Hasil Belajar IPS Siswa SD Negeri Di Kendari Barat. Dibimbing oleh Barlian sebagai pembimbing I dan Mursidin sebagai pembimbing II.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis: (1) Hubungan pemanfaatan perpustakaan dengan hasil belajar IPS siswa SD Negeri di Kendari Barat, (2) Hubungan motivasi belajar siswa dengan hasil belajar IPS siswa SD Negeri di Kendari Barat, dan (3) Hubungan pemanfaatan perpustakaan dan motivasi belajar siswa secara bersama-sama dengan hasil belajar IPS siswa SD Negeri di Kendari Barat.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif menggunakan metode korelasional. Penelitian ini mengkaji hubungan antara dua variabel bebas dengan satu variabel terikat. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan kuesioner tertutup dan tes hasil belajar IPS.
Jumlah populasi 627 orang siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah 86 orang siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen berdasarkan teori-teori yang dibangun para ahli dan dikembangkan sendiri oleh peneliti dengan terlebih dahulu diuji coba kepada 85 orang siswa secara empirik untuk mengetahui validitas dan reliabilitas.
Teknik analisis data yang digunakan adalah: (1) uji persyaratan analisis yaitu uji normalitas, uji linearitas, uji multikoleniaritas, uji heterokedastisitas, (2) uji hipotesis yaitu uji regresi, korelasi sederhana dan korelasi berganda.
Temuan dalam penelitian ini adalah: (1) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara pemanfaatan perpustakaan dengan hasil belajar IPS siswa Kelas V SD Negeri di Kendari Barat, seperti ditunjukkan oleh koefisien korelasi (ry1) 0,266 dan koefisien determinasi 0,221; (2) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi belajar dengan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri di Kendari Barat, seperti ditunjukkan oleh koefisien korelasi (ry2) 0,264 dan koefisien determinasi 0,219; dan (3) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara pemanfaatan perpustakaan dan motivasi belajar secara bersama-sama dengan hasil belajar IPS siswa Kelas V SD Negeri di Kendari Barat, seperti ditunjukkan oleh koefisien determinasi 0,116.

Kata kunci: Pemanfaatan perpustakaan, Motivasi belajar, Hasil Belajar IPS

Pernyataan Tanggungjawab
Pengarang La Ode Muhamad Yusuf - Personal Name
Edisi
No. Panggil
ISBN/ISSN
Subyek Pend.IPS
Klasifikasi
Judul Seri
GMD Text
Bahasa Indonesia
Penerbit PASCA/Pendidikan IPS Konsentrasi Pendididikan Dasar
Tahun Terbit 2018
Tempat Terbit UHO KENDARI
Deskripsi Fisik xiii,101 hal,;28 cm
Info Detil Spesifik
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Ketersediaan
LOADING LIST...