ABSTRAK
Meliati H. (G2G1 16 015). Analisis Kompetensi Kepribadian Dan Kompetensi Sosial Guru IPS Kelas X Di Madrasah Aliyah Pesantren Ummushabri Kendari. Tesis ini di bimbing oleh H. La Ode Muharram selaku pembimbing I dan Samiruddin T. selaku Pembimbing II.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kompetensi kepribadian guru dalam proses pembelajaran IPS kelas X di Madrasah Aliyah Pesantren Ummushabri Kendari. Dan untuk mengetahui tingkat kompetensi sosial guru dalam proses pembelajaran IPS kelas X Di Madrasah Aliyah Pesantren Ummushabri Kendari.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian pendekatan deskriptif kualitatif. Pengumpulan data penulis menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Metode analisis data dengan mencatat, menggumpulkan dan berfikir. Sumber data primer dan sekunder yang meliputi sejarah serta latar belakang, struktur organisasi dan kondisi siswa di Madrasah Aliyah Pesantren Ummushabri Kendari. Responden dan informan penelitian ini adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah, guru IPS, dan siswa/ siswi kelas X yang ada di Madrasah Aliyah Pesantren Ummushabri Kendari.
Hasil dari penelitian tingkat kompetensi kepribadian dan kompetensi sosial guru IPS kelas X di Madrasah Aliyah Pesantren Ummushabri Kendari adalah guru memberi rasa tanggung jawab, dapat membantu siswa, mampu menjadi pribadi yang jujur, serta dapat berkomunikasi dengan baik kepada kepala sekolah, guru karyawan, siswa dan masyarakat. Hasil dari kompetensi kepribadian dan kompetensi sosial guru IPS kelas X di Madrasah Aliyah Pesantren Ummushabri Kendari adalah: siswa mencontoh prilaku guru yang baik, menghormati guru, saling menghargai, memiliki akhlakul karimah, meningkatnya kesadaran diri, dan berprilaku positif.
Kata Kunci: Kompetensi, Kepribadian, Sosial, dan Guru IPS
|