ABSTRAK
Mulia G2J116075, Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Terhadap Pemahaman Konsep (PK) dan Keterampilan Proses Sains (KPS) pada Materi Bakteri Kelas X Siswa SMA di Kota Kendari, Program Studi Pendidikan IPA, Program Pascasarjana Universitas Halu Oleo dibimbing oleh I) Dr. H. Safilu, M.Si dan II) Analuddin, S.Si., M.Si., M.Sc., Ph.D.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui; 1) pengaruh model PjBL terhadap PK, 2) pengaruh model PjBL terhadap KPS, dan 3) hubungan antara PK dan KPS siswa SMAN di kota Kendari. Jenis penelitian ini adalah quasi-eksperimen pree test -post test control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 10 Kendari dan SMAN 11 Kendari yang terdaftar pada tahun ajaran 2018/2019, pengambilan sampel dipilih secara purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan PK ditunjukkan oleh nilai N-gain dari rata-rata nilai pree test dan post test siswa. Nilai N-gain siswa yang dibelajarkan dengan model PjBL yakni pada SMAN 10 Kendari 0.58 dan SMAN 11 Kendari 0.62, sedangkan dengan model PL yakni pada SMAN 10 Kendari 0.41 dan SMAN 11 Kendari 0.40. Terdapat pengaruh model PjBL ditunjukkan oleh nilai signifikan 0.00 pada α = 0.05. Hal ini menunjukkan bahwa model PjBL memberikan pengaruh signifikan terhadap PK. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan KPS ditunjukkan oleh nilai N-gain siswa yang dibelajarkan dengan model PjBL yakni pada SMAN 10 Kendari 0.51 dan SMAN 11 Kendari 0.53, sedangkan dengan model PL yakni pada SMAN 10 Kendari 0.38 dan SMAN 11 Kendari 0.40. Terdapat pengaruh model PjBL terhadap KPS ditunjukkan oleh nilai signifikan 0.00 pada α = 0.05. PK bakteri siswa kelas X SMAN di Kota Kendari mempunyai hubungan yang sangat rendah dengan KPS sebelum pembelajaran yaitu r = 0,156. Setelah pembelajaran peningkatan (N-gain) PK siswa mempunyai korelasi positif dengan peningkatan (N-gain) KPS sebesar r = 0,188)*.
Kata kunci: PjBL, Pembelajaran Langsung, Pemahaman Konsep, Keterampilan Proses Sains.
|