Pilih Bahasa  
Book's Detail
Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Pemahaman Konsep Dan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Pada Materi Virus Kelas X SMA Di Kota Kendari

ABSTRAK
Kasmawati Sellimin G2J1 16 051, Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terhadap Pemahaman Konsep (PK) dan Keterampilan Berpikir Kreatif (KBKr) Siswa pada Materi Virus Kelas X SMAN di Kota Kendari, Program Studi Pendidikan IPA, Program Pascasarjana Univesritas Halu Oleo dibimbing oleh Dr. H.Safilu, M.Si dan Analuddin, S.Si., M.Si., M.Sc., Ph.D
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui; 1) pengaruh model PjBL terhadap PK, 2) pengaruh model PjBL terhadap KBKr, dan 3) hubungan antara PK dan KBKr siswa SMAN di kota Kendari. Jenis penelitian ini adalah quasi-eksperimen pree test -post test control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMAN 10 dan SMAN 11 Kendari yang terdaftar pada tahun ajaran 2018/2019, pengambilan sampel dipilih secara purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan PK ditunjukkan oleh nilai N-gain dari rata-rata nilai pree test dan post test siswa. Nilai N-gain siswa yang dibelajarkan dengan model PjBL yakni pada SMAN 10 Kendari 0.60 dan SMAN 11 Kendari 0.47, sedangkan dengan model PL yakni pada SMAN 10 Kendari 0.45 dan SMAN 11 Kendari 0.43. Terdapat pengaruh model PjBL ditunjukkan oleh nilai signifikan 0.00 pada α = 0.05. Hal ini menunjukkan bahwa model PjBL memberikan pengaruh signifikan terhadap PK. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan KBKr ditunjukkan oleh nilai N-gain siswa yang dibelajarkan dengan model PjBL yakni pada SMAN 10 Kendari 0.51 dan SMAN 11 Kendari 0.53, sedangkan dengan model PLyakni pada SMAN 10 Kendari 0.38 dan SMAN 11 Kendari 0.39 terdapat pengaruh model PjBL terhadap KBKr ditunjukkan oleh nilai signifikan 0.00 pada α = 0.05. PK virus siswa kelas X SMAN di Kota Kendari mempunyai hubungan yang sangat rendah sebelum pembelajaran yaitu r = 0,025. Setelah pembelajaran peningkatan (N-gain) PK siswa mempunyai korelasi positif dengan peningkatan (N-gain) KBKr sebesar r = 0,199)*.

Kata kunci: PjBL, Pembelajaran Langsung, Pemahaman Konsep, Keterampilan Berpikir Kreatif.

Pernyataan Tanggungjawab
Pengarang Kasmawati Sellimin - Personal Name
Edisi
No. Panggil
ISBN/ISSN
Subyek pend.IPA
Klasifikasi
Judul Seri
GMD Text
Bahasa Indonesia
Penerbit PASCA/Pend.IPA
Tahun Terbit 2018
Tempat Terbit UHO KENDARI
Deskripsi Fisik xiii,63 hal,;28 cm
Info Detil Spesifik
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Ketersediaan
LOADING LIST...