Pilih Bahasa  
Book's Detail
Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis IPA Siswa Kelas VC SDN 1 Barunga

Abstrak
Rindi Nurul Ramadana. (A1B3 14 087), “pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis IPA siswa kelas Vc SDN 1 baruga”
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendanhnya kemampuan berpikir kritis IPA siswa pada konsep organ pencernaan dan fungsinya pada manusia dan hewan beserta cara memelihara organ pencernaan pada manusia. Rendahnya kemampuan berpikir kritis IPA siswa dikarnakan guru masih belum memperhatikan pentingnya kemampuan berpikir kritis IPA siswa dan dalam proses pembelajaran guru masih mengunkan model pembelajaran konvensional dan belum melibatkan siswa secara aktif dalam proses pembelajaran. dan soal-soal evaluasi yang diberikan oleh guru belum berorientasi untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan untuk menigkatkan kemampuan berpikir kritis IPA siswa adalah model pembelajaran inkuiri terbimbing. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis IPA siswa.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain penelitian yang digunakan adalah One Grup Pretest-Posttest Design. Alur dalam penelitian ini adalah kelas yang digunakan untuk penelitian diberikan pretest, kemudian dilanjutkan dengan pemberian perlakuan yaitu penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing setelah itu diberikan posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN 1 Baruga, dengan teknik random semple diperoleh kelas Vc sebagai kelas penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik tes yaitu berupa pemberian instrumen tes Kemampuan berpikir kritis IPA siswa pada konsep sorngan pencernaan manusia dan hewan serta cara memelihara orngan pencernaan pada manusia berupa soal uraian. Data dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial.
Berdasarkan hasil analisis data pembahasan disimpulkan bahwa model pembelajaran inkuiri terbimbing berpengaruh dalam peningkatan kemampuan berpikir kritis IPA siswa konsep sistem pencernaan pada manusia dan hewan serta cara merawat sistem pencernaan pada manusia ditunjukan dari thitung lebih besar dari pada ttabel yaitu 9,837 > 1,694.


Kata kunci: pengaruh, model pemebalajaran inkuiri terbimbing, konsep sistem pencernaan manusia, kemampuan berpikir kritis IPA siswa,

Pernyataan Tanggungjawab
Pengarang Rindi Nurul Ramadana - Personal Name
Edisi
No. Panggil
ISBN/ISSN
Subyek Pend.Guru Sekolah Dasar
Klasifikasi
Judul Seri
GMD Text
Bahasa Indonesia
Penerbit FKIP/PGSD
Tahun Terbit 2019
Tempat Terbit UHO KENDARI
Deskripsi Fisik xiii,47 hal,;28 cm
Info Detil Spesifik
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Ketersediaan
LOADING LIST...