ABSTAK
SAIFUL jurusan Ilmu Administrasi Publik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Stambuk CIA1 15 152 dengan judul skripsi Efektivitas Kerja dalam Pelayanan Kesehatan Masyarakat pada Puskesmas Wamolo Kecamatan Lakudo Kabupaten Buton Tengah Sulawasi Tenggara. Pembimbing: (I) Drs. Arifin Utha, M.Si (II) Sartono, S.Sos., M.Si.
Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui dan mendeskripsikan efektivitas kerja dalam pelayanan kesehatan masyarakat pada Puskesmas Wamolo Kecamatan Lakudo Kabupaten Buton Tengah Sulawesi tenggara (2) untuk mengetahui dan mendeskrisikan faktor pendukung dan penghambat efektivitas kerja dalam pelayanan kesehatan pada Puskesmas Wamolo Kecamatan Lakudo Kabupaten Buton Tengah. Penelitian ini di laksanakan di Puskesmas Wamolo Kecamatan Lakudo Kabupaten Buton Tengah.
Infoman dalam penelitian ini di tetapkan sebanyak 7 orang yang terdiri dari Kepalah Puskesmas, 2 orang pegawai puskesmas, 4 orang pasien/masyarakat dalam lingkup Desa wamolo Kecamatan Lakudo Kabupaten Buton Tengah. Teknik analisis penentuan informan dalam Penelitian ini dilakukan dengan purposive sampling atau penentuan secara lansung oleh peneliti yang di jadikan sebagai informan yaitu dengan sengaja memilih kariyawan pelayanan di Puskesmas Wamolo. Sumber data dalam penelitian ini di peroleh dari dua data yaitu data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini di antaranya observasi, wawancara, dan dokumentasi danTeknik analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif yaitu dengan memberikan gambaran yang jelas dan terperinci mengenai Efektivitas Kerja dalam Pelayanan Kesehatan Masyrakat pada Puskesmas Wamolo Kecamatan Lakudo Kabupaten Buton Tengah Sulawasi tenggara.
Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkanbahwa pelayanan kesehatan masyarakat di Puskesmas Wamolo Kecamatan Lakudo Kabupaten Buton Tengah Sulawesi Tenggarah dapat dikatakan cukup efektif, karena dalam proses pelayanan kesehatan kepada masyarakat sudah terdapat kesesuaian dengan standar pelayanan kesehatan yang telah ditetapkan, dan pelayanan yang diberikan sudah cukup sesuai dengan harapan masyarakat dan faktor penghambat dan pendorong efektivitas kerja pelayanan kesehatan di Puskesmas Wamolo adalahkurangnya jumlah tenaga kerja pelayanan, kurang disiplinya para pegawai dan tidak di tegaskanya aturan dalam organisasi serta tidak ada tindakan bagi para pegawai yang lenggar aturan.Rekomendasi dari penelitian ini adalah perlunya pengawasan yang lebih lagi dalam menegakkan kedisiplinan jadwal kerja pelayanan pegawai dan perluya penambahan pegawai di puskesmas untuk dapat memberikan pelayanan kesehatan yang lebih optimal lagi.
Kata kunci : Pelayanan kesehatan, Puskesmas, Efektivitas
|